SELATPANJANG - Satu unit rumah milik warga Desa Bantar, Kecamatan Rangsang Barat, Kepulauan Meranti, Riau hangus terbakar, pada Senin (15/02/2021) sekira pukul 08.30 WIB.

Kebakaran rumah milik Zainudin (70) ukuran 20x7 meter itu sempat menghebohkan warga sekitar. Peristiwa kebakaran itu pula mengakibatkan korban mengalami kerugian ratusan juta rupiah. (sekira Rp150.000.000)

"Iya benar ada kebakaran rumah warga di Desa Bantar, Rangsang Barat dan saat kejadian korban tidak ada di rumahnya," ujar Kapolres Kepulauan Meranti, AKBP Eko Wimpiyanto SIK melalui Kapolsek Rangsang Barat, IPTU JA Lubis, Selasa (16/2/2021).

Disampaikan Kapolsek Rangsang Barat kalau Kebakaran itu menghanguskan rumah yang terbuat dari papan Punak (bagian depan) dan bagian dapur permanen juga ikut hangus. Selain itu, 1 unit sepeda motor, 3 unit sepeda, 2 unit TV, 1 unit Kulkas, 1 unit mesin cuci, 1 unit mesin pemarut kelapa dan peralatan rumah (meubiler) juga ikut hangus.

Disampaikan Kapolsek Kronologis singkat kalau pada pukul 18.30 Wib, ketika saksi bernama Surya pulang dari kedai menuju rumah orang tuanya bertempat di sebelah kiri rumah korban, dimana saksi melihat rumah korban telah terbakar dengan posisi api di ruang tengah yang sudah membesar.

Selanjutnya, mengetahui hal tersebut saksi memberitahukan kejadian kepada orang tuanya. Dan selanjutnya memberitahukan kepada warga setempat termasuk saksi Syaprudin, selain itu dibantu oleh warga untuk melakukan pemadaman api yang menyelimuti rumah korban.

"Dengan alat seadanya masyarakat berupaya untuk memadamkan, namun api semakin besar dan susah dijinakkan. Kalau korban tidak ada, namun dugaan api berasal dari korsleting instalasi listrik rumah," jelasnya.

Ditambahkan Kapolsek kalau pada saat kejadian korban tidak berada di rumah melainkan berada di rumah anaknya yang tidak jauh dari lokasi rumah korban.***