JAKARTA - Partai Demokrat ikut menanggapi Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto yang datang ke istana dan menyanggupi permintaan Presiden Jokowi untuk masuk kabinet.

Ketua Fraksi Partai Demokrat di DPr Edhie Baskoro Yudhoyono atau Ibas mengatakan, Demokrat mendukung dan menghormati apa yang menjadi pilihan Jokowi, termasuk mengikutsertakan rivalnya pada Pilpres 2019, Prabowo. "Kami menyerahkan sepenuhnya karena ini kan hak prerogatif presiden ya,” kata Ibas di DPR RI, Selasa (22/10/2019).

Ibas mengatakan, Partai Demokrat tak bisa lebih jauh berkomentar terkait pilihan Partai Gerindra dan Prabowo yang memilih bergabung ke pemerintah. Ia mengatakan, Demokrat hanya ikut menjadi penonton, melihat orang-orang pilihan Jokowi satu per satu menghadap ke Istana Kepresidenan sebagai calon menteri.

“Tentu Partai Demokrat tidak dapat menilai lebih lanjut, kami hanya memberikan apresiasi, kami hanya menonton dan melihat. Semoga yang dipilih adalah orang-orang yang berkompeten, orang-orang yang benar-benar sesuai dengan visi misi pak presiden dan tentu bisa membawa kemajuan terhadap pembangunan dan peningkatan kesejahteraan,” kata dia.

Sebelumnya diberitakan, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto mengakui dirinya diminta Presiden Jokowi untuk menjadi Menteri Pertahanan RI.

Hal tersebut diungkapkan Prabowo seusai memenuhi undangan Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Senin (21/10/2019). "Saya baru saja menghadap bapak Presiden RI, yang baru dilantik. Saya bersama Edhy Prabowo, diminta untuk memperkuat kabinet beliau," kata Prabowo.

"Saya sudah sampaikan keputusan kami, dari Partai Gerindra, apabila diminta, kami siap membantu. Hari ini resmi diminta, kami sanggupi membantu. Saya, beliau izinkan, menyampaikan saya diminta membantu beliau di bidang pertahanan," kata dia.

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menemui Presiden Joko Widodo atau Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (21/10/2019). Prabowo tiba pukul 16.15 WIB.

Prabowo yang datang mengenakan baju putih tampak didampingi Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Edhy Prabowo. Prabowo berjalan dari pintu sekretariat negara. Dia datang lewat jalur pintu para calon menteri.

Prabowo datang ke Istana dengan mengenakan pakaian kemeja putih, seperti para calon menteri. Prabowo diisukan sebagai calon menteri pertahanan.

Saat ditanya soal kedatangannya, Prabowo enggan mengeluarkan pernyataan. Ia hanya melemparkan senyum dan melambaikan tangan kepada awak media yang telah menunggu kedatangannya.

Sebelum Prabowo, sejumlah tokoh sudah datang menemui Jokowi. Mereka rata-rata mengenakan baju kemeja putih. Mereka yang sudah menemui Jokowi yakni Mahfud MD, Erick Thohir, Wishnutama, Airlangga Hartarto.***