PEKANBARU – Satu keluarga terdiri dari sopir dan tiga penumpang yang melewati Jalan Tol Pekanbaru-Dumai diduga keracunan pendingin udara atau air conditioner (AC) di dalam mobil.

Beruntung oleh sopir, mobil jenis mini bus yang dikendarainya inj masih bisa dikendalikan hingga menepi di jalur darurat.

Saat keluar dari mobil, seluruh penumpang keluar dalam keadaan sempoyongan.

Dari video berdurasi 5 menit lima detik yang beredar tersebut, terlihat para penumpang mobil terlihat lemas dengan posisi mobil terparkir di lajur kiri.

Ketika dikonfirmasi, Branch Manager Tol Pekanbaru-Dumai (Permai), Indrayana, membenarkan video viral tersebut. Sebab, kejadian itu diketahui oleh petugas tim Patroli Jalan Raya (PJR) Tol Permai.

"Ya benar, di dalam mobil itu semua satu keluarga," kata Indrayana.

Peristiwa itu terjadi pada pukul 17.45 WIB, Sabtu (02/07/2022). Tepatnya di kilometer 40 dari arah Pekanbaru menuju Dumai. Petugas yang mendapati kejadian tersebut, langsung memberikan pertolongan pertama sambil meminta keterangan awal, kepada penumpang.

"Dari informasi awal saat itu diduga karena keracunan ac. Petugas juga mengecek kondisi dalam mobil dan memang bau agak menyengat," ungkap Indrayana.

Tidak lama kemudian, petugas memberikan laporan ke PT HK selaku otoritas pengelola tol Permai. Sementara seluruh penumpang mobil dibawa ke klinik terdekat yang ada di daerah Kandis untuk diberi perawatan.

"Beruntung tidak ada korban, seluruh penumpang juga sudah diberi perawatan di klinik terdekat yang ada di Kandis," ujar Indrayana.

Pada kesempatan ini, Branch Manager Tol Permai menyampaikan kepada seluruh pengguna jalan tol Permai agar selalu memperhatikan kondisi fisik khususnya sopir mau pun mobil.

Dijelaskan dia, tidak saja masalah ban yang menjadi salah satu penyebab kecelakaan. Tapi juga komponen lainnya yang mestinya dalam keadaan layak jalan.

Perlunya memastikan hal-hal demikian untuk memastikan keselamatan selama melewati jalan bebas hambatan sepanjang 131 kilometer tersebut. ***