PANGKALAN KERINCI - Satu hotel di Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan, Riau, disulap menjadi tempat isolasi pasien Covid-19.

Grand Hotel dipilih karena lokasinya yang strategis dan manajemen hotel bersedia disewa oleh Pemkab Pelalawan.

Gedung yang berada di Jalan Lintas Timur (Jalintim) Pangkalan Kerinci ini, mulai dialih fungsikan sebagai tempat isolasi pasien berstatus Orang Tanpa Gejala (OTG).

"Sejak hari Selasa kemarin, sudah siap untuk dioperasikan," kata Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Pelalawan, Asri M.Kes.

Tenaga kesehatan berupa dokter dan perawat, petugas keamanan, ambulans serta sopirnya disiagakan di gedung tiga lantai dengan kapasitas ruangan 50 kamar.

Kemudian obat-obatan maupun vitamin serta Alat Pelindung Diri (APD) juga telah dimasukan melalui puskesmas terdekat. Tim kesehatan telah menyusun prosedur dalam penanganan pasien OTG.

"Satu kamar bisa diisi satu atau dua pasien, tergantung kondisi kesehatannya. Pasien yang bersedia dikarantina di hotel agar segera meregistrasikan diri kepada petugas yang berjaga," terang Asril.

Lebih lanjut dia menerangkan, kamar yang berada di lantai pertama diperuntukan bagi tenaga medis yang menginap di hotel serta pasien OTG yang sudah berusia lanjut.

"Ini, agar lebih mudah mengontrol serta tidak perlu menaiki tangga saat dibawa ke kamar. Kemudian lantai 2 dan 3 bagi pasien yang masih berusia muda serta keluhan kesehatan minim," tandas Asri, Sabtu (7/11/2020). ***