PEKANBARU - Untuk memastikan harga bahan pokok dan ketersediaan bahan makanan pokok stabil menjelang lebaran, Satgas Pangan dari Subdit I Direkrtorat Reserse Kriminal Khusus (Ditkrimsus) Polda Riau melakukan sidak ke Pasar Induk di kawasan Terminal AKAP, Kota Pekanbaru, Kamis (9/5/2109) malam.

Kegiatan yang berlangsung hingga Jumat (10/5/2019) dini hari ini, dipimpin langsung oleh Direktur Reskrimsus Polda Riau Kombes Gidion Arif Setyawan. Dari pantauan GoRiau.com di lapangan Tim Satgas Pangan keliling menanyakan harga dan kesediaan bahan pokok di seluruh gerai pedagang malam itu.

"Kami dari Satgas Pangan Provinsi Riau malam ini melakukan pemantauan terhadap kondisi pasar, terutama sekarang yang menjadi pusat perhatian itu harga bawang putih yang sempat melambung tinggi," sebut Gideon di Pasar Induk, Jumat (10/5/2019).

Dari hasil pengecekan, Gideon memastikan harga dan persediaan bahan makanan pokok menjelang lebaran mulai stabil dan mencukupi. Setelah sebelumnya beberapa harga bahan pokok sempat melonjak seperti bawang putih yang sempat menjadi keluhan masyarakat kini sudah mengalami penurunan.

Ads
"Disini sudah kita lihat, untuk ketersediaan sudah memadai, diprediksikan untuk kebutuhan masyarakat sampai lebaran masih sangat cukup. Kalau harga dari sebelumnya sudah mengalami penurunan, untuk bawang putih di pasar AKAP ini rata-rata dilepas 39 ribu sampai 40 ribulah, dari sebelumnya bisa mencapai 45 ribu," jelas Gideon.

Selain bawang putih, Gideon juga memastikan persediaan bahan pangan lainnya seperti bawang merah, cabai dan lainnya di Pasar memiliki suplai yang cukup, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir mengenai ketersediaan bahan pangan pokok menjelang lebaran mendatang.

"Dari yang terpantau di pasar AKAP ini, cabai ini sangat dekat dengan kebutuhan masyarakat di Riau ini masih sangat toleran harganya masih stabil dan ketersediaannya juga masih sangat baik," lanjutnya.

Kegiatan pemantauan yang dilakukan Satgas Pangan Provinsi Riau masih berlanjut hingga pagi ini yang dilakukan di Pasar Sukaramai.

Selain Satgas Pangan dari Subdit I Direkrtorat Reserse Kriminal Khusus (Ditkrimsus) Polda Riau, juga terlibat dalam pemantauan pihak dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan  (Disperindag) dan Bulog. ***