JAKARTA -Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 DPR RI menegaskan pentingnya sinkorinasi kebijakan antar sektor terkait protokol kesehatan di masa 'New Normal'.

Hal itu ditegaskan koordinator Satgas Covid-19 DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad usai mengunjungi Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, Rabu (27/05/2020).

"Nanti kami akan minta bahan-bahan protokol kesehatan, untuk kemudian kita diskusi ke masing-masing sektor sehingga dalam menuju tatanan kehidupan baru ini kita tidak gamang, kemudian panduannya satu," kata Dasco.

Setiap Kementerian dan Lembaga, termasuk badan-badan di bawahnya, kata Dasco, harus punya SOP detail yang merujuk pada satu protokol yang ditetapkan oleh Kemenkes.

Koordinasi lintas Kementerian dan Lembaga tentu perlu, tapi tentunya, kata Dasco "syarat utamanya atau panduan utamanya kan harus disini (Kemenkes) kan begitu,".

Bagaimana pun, menurut Wakil Ketua DPR RI ini, "(Situasi saat, Red) ini sudah tidak bisa menunggu lebih lama lagi karena perekonomian kita harus bergerak. Kita harus menjalankan aktifitas. Rakyat harus terus mendapatkan pekerjaan, makanan. Rakyat harus tetap bisa beribadah,".

"Sehingga kehidupan yang normal tentunya dengan tatanan baru, harus terus berjalan," kata Politisi Gerindra itu.***