JAKARTA - Satgas Lawan Covid-19 DPR RI menyambangi Kantor Kemenkes RI, Rabu (27/5/2020).

Kedatangan Dasco Ahmad dan rombongan itu, dalam rangka membahas berbagai persiapan penanggulangan Covid-19, serta wacana penerapan New Normal.

Rapat tersebut dihadiri langsung Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto dan seluruh Anggota Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 DPR.

Rapat digelar tertutup dengan pemaparan tentang penanganan Covid-19 yang disampaikan oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemenkes Oscar Primadi.

Dalam pembukaan rapat, Terawan menyambut baik kesediaan DPR untuk rapat bersama membahas penanganan Covid-19. Ia juga berharap dukungan dari DPR terkait penanganan wabah Covid-19.

"Kami bersyukur ini kunjungan pertama ke Kemenkes dalam rangka percepatan penanganan Covid-19," ujar Terawan.

Selain itu dia juga meminta masukan dari DPR terkait persiapan penataan normal baru (new normal) agar dalam pelaksanaannya berjalan sesuai harapan.

"Tujuannya, new normal juga bisa dilaksanakan dengan baik dan kami juga mohon masukan dan mohon arahan sehingga segalanya bisa berjalan," ucapnya.

Dalam rapat itu, Ketua Satgas Covid-19 DPR, Dasco Ahmad mengatakan, Kementerian dan Lembaga, termasuk badan-badan di bawahnya, harus punya SOP detail yang merujuk pada satu protokol yang ditetapkan oleh Kemenkes.

"Nanti kami akan minta bahan-bahan protokol kesehatan, untuk kemudian kita diskusi ke masing-masing sektor sehingga dalam menuju tatanan kehidupan baru ini kita tidak gamang, kemudian panduannya satu," kata Dasco.

Lanjut Dasco, koordinasi lintas Kementerian dan Lembaga tentu perlu, tapi tentunya, kata Dasco, syarat utamanya atau panduan utamanya harus tetap ada di Kemenkes.

Bagaimana pun, menurut Wakil Ketua DPR RI ini, "(Situasi saat, Red) ini sudah tidak bisa menunggu lebih lama lagi karena perekonomian kita harus bergerak. Kita harus menjalankan aktifitas. Rakyat harus terus mendapatkan pekerjaan, makanan. Rakyat harus tetap bisa beribadah,".

"Sehingga kehidupan yang normal tentunya dengan tatanan baru, harus terus berjalan," kata Politisi Gerindra itu.***