SIAK SRI INDRAPURA - Kabupaten Siak merupakan salah satu Kabupaten Layak Anak (KLA) yang telah meraih predikat Nindya. Saat peringatan Hari Anak Nasional (HAN) di kabupaten Siak selalu berlangsung semarak.

Kegiatan peringatan HAN 2019 tingkat kabupaten di Siak ini dimulai dengan senam perlindungan dan pemenuhan hak anak, gosok gigi dan minum susu bersama anak-anak TK, Selasa (29/10/2019).

Bupati Siak bersama istri dan unsur Forkopimda tampak semangat mengikuti gerakan-gerakan senam yang dipimpin oleh Forum anak Kabupaten Siak.

Alfedri dalam sambutannya mengatakan, peringatan hari anak nasional juga menjadi wujud komitmen bersama dalam menjamin pemenuhan hak anak atas hak hidup, tumbuh kembang dan berpartisipasi secara wajar serta mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi.

"Kegiatan ini menjadi momentum refleksi dalam upaya pemenuhan hak dan perlindungan anak, dan menjadi wadah dalam mengaktualisasikan dirinya dalam berbagai kegiatan positif," kata Alfedri di pentas Siak Bermadah.

Saat ini lanjut dia, Kabupaten Siak sudah memperoleh predikat Kabupaten Layak Anak kategori Nindya. Hal ini didukung oleh beberapa faktor, seperti ruang terbuka bagi anak, fasilitas kesehatan dan pendidikan ramah anak, dan terbentuknya Asosiasi Perusahaan Sahabat Anak Indonesia (APSAI).

Ketua Panitia pelaksana HAN Darussalim menyebutkan, peringatan hari anak nasional di Kabupaten Siak melibatkan 2000 siswa dan siswi tingkat taman kanak-kanak, SD, SMP, SMK se Kabupaten Siak dan forum anak. Dimana sebelum puncak peringatan hari anak nasional telah dilakukan pembinaan dan penilaian forum anak ditingkat Kecamatan se Kabupaten Siak.

"Dengan kegiatan ini diharapkan bisa menumbuhkan kepedulian, kesadaran dan peran aktif masyarakat, lembaga pendidikan serta dunia usaha dalam pemenuhan hak dan perlindungan anak," sebut Darusalim.

Dikesempatan itu Bupati Siak, didampingi unsur Forkopimda melauncing masjid layak anak, kampung layak anak dan Kampung PATBM serta penyerahan sertifikat dari Kemensos tentang akreditasi lembaga kesejahteraan sosial anak (LKSA) Kabupaten Siak.

Diantaranya kepada LKSA Muhammadiyah Tualang, LKSA Fajar Amanah Tualang, LKSA Assidiqiyah Siak dan LKSA Fadillah Kecamatan Minas. Serta dilakukan penyerahan piagam Bupati Siak Daffa Award kepada forum anak Kecamatan Minas, Sabak Auh dan Sungai Apit. ***