PEKANBARU - Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1440 H, Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru menggelar prosesi Potang Belimau, Minggu sore, (5/5/2019). Kegiatan ini akan berlangsung di pinggiran Sungai Siak, dengan perkiraan dihadiri oleh puluhan ribu warga.

"Dari tahun ke tahun selalu diramaikan puluhan ribu masyarakat. Lokasinya di dekat rumah singgah Tuah Kadi, di bawah Jembatan Siak III," ujar Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Pekanbaru, Ardiansyah.

Menurutnya, kegiatan tahunan ini akan dimulai dengan berziarah ke Makam Marhum Pekan atau Sultan Muhammad Ali Abdul Jalil Muazzam Syah, yang merupakan pendiri Kota Pekanbaru.

"Sekitar setengah dua, acara di masjid Raya Senapelan. Dilanjutkan ziarah dan berarak ke tepi sungai siak (Rumah singgah tuan Kadi) acara tradisi potang belimau," terangnya.

Ads
Selain itu, menurutnya dalam acara ini, tamu undangan juga dari seluruh pejabat daerah tingkat kota dan provinsi. Rencananya, Gubernur Riau Syamsuar juga akan turut hadir. ***