SELATPANJANG - Camat Tebingtinggi, Rayan Pribadi SH mengapresiasi kinerja Pemerintah Desa (Pemdes) Alahair dalam melakukan penyaluran Bantuan Langsung Tunai dari Dana Desa (BLT-DD) tahap 1 bulan April tahun 2020. Penyaluran kepada 196 KK penerima BLT dilakukan secara simbolis di kantor Desa Alahair, Kecamatan Tebingtinggi, Kepulauan Meranti, pada Selasa (19/5/2020).

Kegiatan penyaluran tersebut dihadiri langsung oleh Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD), Kepulauan Meranti, H Edy M Nur SH MSi, Pendamping Desa, M Yasin, Hamimah S Com, Sri Zulmiati St dan Nuraini SE, Pendamping PKH, Tomo, Babinsa, Serda Irpan dan Babinkamtibmas, Brigadir Mukhtar.

"Berdasarkan informasi, Desa Alahair merupakan desa yang paling efektif dan cukup baik dalam rangka pemetaan dan mengidentifikasi baik masyarakat yang layak dibantu maupun menerima aduan masyarakat yang menanyakan hak dan bantuan yang mereka dapatkan. Karena berdasarkan laporan, hampir tidak ada saya menerima laporan karena semuanya telah dapat diselesaikan di desa. Riak-riak sedikit dan agak tegang-tegang sedikit biasa, tetapi putus di selesaikan di level desa," ujar Rayan mengapresiasi yang sambut tepuk tangan tamu undangan yang hadir saat itu.

Dijelaskan Rayan, yang mengetahui dan menentukan layak tidaknya mendapatkan bantuan bukan camat, karena kecamatan hanya merekap usulan desa dan kelurahan yang telah dibahas dari kepala desa, musdes maupun muskec.

"Camat tidak punya kapasitas untuk mencoret karena tidak tau bentuk masyarakat yang layak atau tidak. Kemudian, bantuan Covid ini bukan kuota-kuotaan atau jatah-jatahan tetapi hak orang yang dianggap layak mendapat bantuan," jelasnya.

Rayan juga mengimbau masyarakat untuk tidak semata-mata bergantung pada bantuan pemerintah karena sifatnya hanya membantu untuk sementara atau tiga bulan ke depan.

"Mudah-mudahan diberikan kemudahan dan kegiatan ini berjalan dengan lancar, kemudian bantuan ini tolong digunakan sesuai kebutuhan bukan keinginan," ingat Rayan.

Sementara itu Kades Alahair, Edy Amin SPdi menjelaskan bahwa setelah dilakukan penyerahan secara simbolis kepada 15 orang, penyaluran juga dilakukan dengan mendatangi rumah warga yang sakit sebanyak 5 orang yang kemudian sisanya dilakukan penyerahan di kantor desa yang dibagi sebanyak 6 sesi dan persesi berjumlah 28-30 orang.

"Untuk mengindari dari kerumunan warga saat menerima bantuan, maka kita jadwalkan dengan 6 sesi. Pembagiannya tetap di kantor desa dan dimulai hari ini, InsyaAllah besok sudah selesai," ujarnya.

Dijelaskan Edy Amin bahwa Alahair merupakan desa terbanyak penerima BLT-DD dari sejumlah desa se-Kepulauan Meranti yang telah menyalurkan bantuan tersebut.

"Semoga bantuan ini dimanfaatkan dengan baik oleh warga untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari di tengah pandemi Covid-19," harapnya. ***