PEKANBARU - Puncak arus balik lebaran melalui jalur darat di Terminal Tipe A Bandar Raya Payung Sekaki (BRPS) Pekanbaru diperkirakan akan terjadi pada Sabtu dan Minggu esok. Koordinator Satuan Pelayanan Terminal Tipe A BRPS Henry Tambunan kepada GoRiau.com mengatakan, hal itu dikarenakan jadwal masuk sekolah dan kerja pegawai sebagian besar sudah mulai pada Senin depan.

"Hari ini masih normal, puncaknya kita perkirakan pada H+3 dan H+4 Lebaran, mulai jam 04.00 sudah mulai sampai pukul 13.00 WIB. Kalau jam 14.00 sampai malam itu sudah mulai lagi kearah keberangkatan," ujarnya, Jumat, (7/6/2019).

Untuk mengantisipasi puncak arus mudik tersebut, Henry menjelaskan sudah tersedia posko mudik dengan seluruh petugas yang dibutuhkan.

"Posko mudik kita sudah tersedia, ada ambulans juga untuk berjaga - jaga. Semua petugas ada sekitar 7 orang, dari Kemenhub, kepolisian, TNI, Dishub Kota, Dishub Provinsi, Jasa Raharja yang membawa seorang dokter, dan Dinas Kesehatan," jelasnya.

Ads
Sementara itu, untuk meminimalisir terjadinya tindakan kriminal atau hal lain yang tidak diinginkan, Henry menghimbau agar para pemudik untuk hanya bertanya kepada petugas di Terminal BRPS. Ia juga menjelaskan bahwa ojek tidak dibenarkan beroperasi di dalam terminal.

"Usahakan untuk bertanya kepada petugas atau kebagian informasi, nanti mereka akan mengarahkan. Kemudian ojek itu tidak kita perkenankan beroperasi didalam terminal, tetapi kalau mengantar penumpang keterminal boleh,"terangnya.

"Kita takutkan nanti mereka menjemput penumpang, mereka angkut - angkut tas, dan ada yang kehilangan," jelasnya. ***