SIAK - ''Penyakit'' lupa biasanya banyak terjadi pada orang yang sudah memasuki usia lanjut, namun kini berbeda, pelupa juga banyak diderita oleh kaum muda. Contohnya ketika terjaring razia masker oleh tim Yustisi Penanganan Covid-19 Kabupaten Siak, warga yang ditanyai, selalu menjawab dengan kata lupa.

"Apakah bapak tahu kesalahannya apa," kata Ricky anggota Satpol PP Kabupaten Siak kepada M Syukri, warga Kecamatan Tualang yang mendatangi mejanya.

"Tahu, tidak pakai masker dan tidak pakai helm," jawab M Syukri, Selasa (13/10/2020) dalam giat sosialisasi Perda Protokol Kesehatan Covid-19 di Kecamatan Tualang.

Kemudian, M Syukri menambahkan dirinya sudah mengetahui protokol Covid-19 dan menjabarkan dengan rinci apa saja 4 M yang harus diterapkan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

"Ya saya tahu, sekarang harus pakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan menjauh dari keramaian. Tapi tadi ini saya lupa pakai masker, buru-buru dipanggil panglimo," katanya lagi.

Begitu juga dengan Rita, dia takut ketika terjaring razia masker. Ia menyebutkan memang lupa memakai masker, karena memang banyak orang yang belum memakai masker.

"Tadi cuma mau keluar sebentar saja, rupanya ada razia masker. Dan saya memang lupa pakai masker, biasanya saya pakai masker juga kok. Ini tadi memang lupa pakai masker," kata Rita kepada GoRiau.com.

Dalam waktu dekat Pemkab Siak akan melaksanakan Pembatasan Sosial Bersekala Kecil (PSBK) di Kecamatan Tualang agar penerapan 4 M (menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan menghindar dari kerumunan) menjadi kewajiban setiap masyarakat.

Dalam kesempatan yang sama Pjs Bupati Siak Indra Agus Lukman menyebutkan dilaksanakannya sosialisasi Peraturan Daerah No 4 Tahun 2020 tentang Penanganan Penyakit Menular di Kabupaten Siak memang sangat tepat untuk memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19.

"Saya berterimakasih kepada seluruh stakeholder yang mendukung dalam penegakan disiplin protokol kesehatan sebagai langkah untuk membatasi perkembangan wabah Covid-19 di Tualang," kata Pjs Bupati Siak Indra.

Indra juga mengingatkan kepada seluruh masyarakat agar selalu mengikuti protokol kesehatan dengan menggunakan masker. "Mengingat masih adanya masyarakat yang tidak menggunakan masker baik saat di rumah, maupun disaat melakukan aktivitas lainnya di luar rumah, tentunya nanti ada beberapa hal secara teknis akan disampaikan melalui satgas terhadap penegakan disiplin prokes," katanya. ***