PEKANBARU - Suasana di terminal tipe A Bandar Raya Payung Sekaki (BRPS) Kota Pekanbaru terlihat sepi sejak pandemi Covid-19 melanda pada Maret 2020 lalu. Hal ini dikarenakan jumlah calon penumpang harian menurun drastis dibandingkan sebelum Covid-19.

"Dulu (sebelum Covid-19, red) bisa sampai 8000-an penumpang per hari. Sekarang paling hanya 1000-an perhari," ujar Koordinator Satuan Pelayanan Terminal Tipe A BRPS Kota Pekanbaru Henry Tambunan, Rabu (14/10/2020).

Kepala BPTD Wilayah IV Provinsi Riau-Kepri Ardono, ATD, MT mengatakan pihaknya telah menerapkan protokol kesehatan terutama dalam penerapan 4 M (mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan).

"Sesuai aturan dari Satgas Penanganan Covid-19, protokol kesehatan adalah wajib, minimal 4 M. Pihak terminal menempatkan petugas untuk berjaga dan berkeliling mengingatkan seluruh warga terminal untuk mengikuti protokol tersebut. Dan secara berkala mengumumkan melalui pengeras suara,'' ujarnya.

Tak hanya itu, pihaknya juga bersinergi dengan Jasaraharja melakukan sterilisasi ruangan, tes rapid dan pemberian vitamin serta obat-obatan kepada kru atau petugas demi meningkatkan performa pelayanan kepada masyarakat di masa pandemi.

"Alhamdulillah, sampai hari ini belum ada yang terkonfirmasi positif Covid-19. Insya Allah semua sehat," pungkasnya. ***