SELATPANJANG - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kepulauan Meranti dari fraksi Golkar, H. Hatta mengunjungi sekaligus memberikan bantuan sosial kepada Aminah, warga Desa Mekong, Kecamatan Tebingtinggi Barat, Kabupaten Kepulauan Meranti yang rumahnya terkena dampak Abrasi, Kamis (02/01/2020).

Rumah Aminah yang terletak di pinggir laut tersebut memang cukup memprihatinkan dan dampak abrasi sudah mencapai hampir sampai 1 meter dari dinding rumahnya.

"Saya prihatin, walaupun bukan dapil saya, setelah mendengar informasi dari masyarakat saya langsung mengunjungi rumah ibu Aminah. Ini murni inisiatif dari saya," ujar H. Hatta mengawali pembicaraan.

H. Hatta berharap kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Meranti melalui OPD terkait untuk bisa memperhatikan dan memberikan bantuan kepada Aminah dan warga lainnya yang terdampak abrasi.

"Kita berharap pemerintah daerah bisa mengiventarisir rumah-rumah yang terdampak abrasi sekaligus mencari solusi penyelesaiannya dengan baik. Saya akan sampaikan juga nanti dalam rapat kerja dengan OPD terkait," ujar Anggota Komisi II tersebut menambahkan.

Menurut H. Hatta, bantuan sosial yang diberikan setidaknya bisa membantu Aminah dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari dan memperbaiki rumahnya. Permasalahan Abrasi merupakan permasalahan yang perlu mendapatkan perhatian lebih dari pemerintah daerah dan pemerintah pusat.

"Untuk menanggulangi masalah Abrasi, APBD kita memang belum begitu maksimal, karena perlu dana yang besar, harus disupport dengan anggaran pusat atau APBN," ujar H. Hatta ketika ditanya salah satu solusi penyelesaian mengenai abrasi di Kepulauan Meranti.

Seperti diketahui, sebagian besar Pesisir pantai Kabupaten Kepulauan Meranti yang berhadapan dengan Selat Malaka terkena dampak abrasi. Puluhan, bahkan ratusan meter wilayah Kabupaten Kepulauan Meranti setiap tahunnya terkikis dan hilang akibat abrasi. Perlu sinergitas antara pemerintah daerah, pemerintah pusat dan masyarakat dalam mengurangi abrasi di Kabupaten Kepulauan Meranti. (rls)