TEMBILAHAN, GORIAU.COM - Wakil Bupati (Wabup), Indragiri Hilir (Inhil), Rosman Malomo, menyebutkan berdasarkan rapat evaluasi gelombang I, kondisi kinerja birokrasi di Inhil, jauh dari harapan dan belum berjalan sesuai tuntutan masyarakat. Hal tersebut dikatakan Wabup saat membuka Bimbingan Teknis (Bimteka) penyusunan road MAP reformasi birokrasi di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Inhil, Kamis (16/10/2014).


''Karena itu, masyarakat enggan berurusan dengan birokrasi,'' kata Wabup.


Rendahnya kinerja birokrasi di Inhil dikatakan Mantan Ketua DPRD Inhil ini disebabkan karena rendahnya kualitas pelayanan publik, lemahnya pengawasan kinerja aparatur, penyalahgunaan wewenang, praktek KKN, serta rendahnya profesionalisme dengan budaya dan etika kerja yang tidak baik.


Apalagi, menurut dia salah satu faktor dan aktor utama yang turut berperan dalam mewujudkan pemerintahan yang bersih dan baik adalah aparatur penyelengara birokrasi.

Ads

''Dalam pengelolaan kebijakan dan pelayanan publik, birokrasi sangat menentukan terwujudnya efisiensi, efektivitas dan kualitas penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan serta pelayanan kepada masyarakat,'' tambahnya.


Untuk itulah, dengan diselenggarakannya Bimtek ini, dikatakan Wabup akan memberikan kejelasan arah, acuan dan persamaan persepsi mengenai langkah-langkah operasional reformasi birokrasi.


''Dengan Bimtek ini, saya tegaskan kepada seluruh peserta yang mengikutinya untuk untuk bersungguh-sungguh mendukung dan melaksanakan program-program reformasi birokrasi,'' tutup Rosman Malomo.(ayu)