SELATPANJANG - Sebanyak 45 Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Kabupaten Kepulauan Meranti resmi dilantik, bertempat di Ballroom Hotel Grand Meranti, Selatpanjang, Sabtu (29/2/2020).

Hadir Asisten III Setdakab Meranti, H Rosdaner SPd, Ketua KPU Kepulauan Meranti, Abu Hamid, Komisioner KPU Provinsi Riau Rahman, Ketua Bawaslu Meranti Syamsurizal, Ketua MUI, H Mustafa, Perwakilan Polres Meranti, Kompol Areng Swarsono, Perwakilan Koramil, Camat se-Kabupaten Meranti, serta pihak terkait lainnya.

Pelantikan PPK se-Kabupaten Meranti langsung dilakukan oleh Ketua KPU Meranti Abu Hamid, yang ditandai dengan pengucapan sumpah oleh Ketua KPU diikuti oleh seluruh petugas PPK yang dilantik, dilanjutkan dengan pemasangan pin anggota dan penandatanganan berita acara pelantikan oleh Ketua KPU dan perwakilan PPK.

Seperti dijelaskan oleh Ketua KPU Meranti Abdul Hamid, pelantikan PPK se-Kabupaten Meranti ini dilaksanakan serentak se-Indonesia. Dengan pelantikan ini artinya tahapan Pilkada serentak tahun 2020 sudah dimulai.

Diinformasikan jumlah PPK Kecamatan se-Kabupaten Meranti yang dilantik kali ini berjumlah 45 orang. Sesuai amanat UU untuk tiap Kecamatan terdapat 5 petugas PPK.

"Dengan pelantikan ini menandakan tahapan Pilkada tahun 2020 sudah dimulai," ujar Abu Hamid. 

Selanjutnya agar tahapan Pilkada ini berjalan lancar hingga terpilihnya Bupati dan Wakil Bupati Meranti sesuai hati nurani masyarakat, Abu Hamid berharap kepada petugas PPK yang baru saja dilantik dapat bekerja dengan baik, penuh rasa tanggungjawab dengan senantiasa mengedepankan azas netralitas.

Ketua KPU mengibaratkan Pilkada seperti sebuah pertandingan bola dan wasitnya adalah penyelenggara Pilkada, yang mana jika wasitnya adil (penyelenggara), maka berapapun skor kemenangan pastinya akan dapat diterima tim yang bertanding. 

"Sukses tidaknya Pilkada salah satunya bergantung pada penyelenggara termasuk PPK ditingkat Kecamatan. Untuk itu sesuai dengan amanat UU kita harus dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya. Yakni bersifat netral, berintegritas dan adil," paparnya.

Ia pun menghimbau dalam melaksanakan tugas PPK jangan setengah hati tapi semaksimal mungkin dan tak lupa menjalin koordinasi yang baik dengan pemerintah daerah ditingkat kecamatan dan desa.

"Disini kami juga berharap dukungan dan suport dari pemerintah daerah khususnya pihak kecamatan, karena dengan koordinasi dan kerjasama yang baik akan mudah mewujudkan Pilkada yang aman, tertib dan damai," pungkasnya.

Menyikapi hal itu, Asisten III Setdakab Meranti, H Rosdaner sangat mengapresiasi pelantikan PPK Kecamatan se-Kabupaten Meranti kali ini. Senada dengan Ketua KPU Meranti, Rosdaner berharap petugas PPK yang baru saja dilantik dapat melaksanakan tugas dengan baik sesuai yang diamanatkan UU. Sebagai salah satu syarat suksesnya menjalankan tugas menurutnya dengan melepas ego masing-masing.

"Sebelum melaksanakan tugas mari kita lepas ego masing-masing dan bekerja dengan ikhlas, dengan begitu akan tercipta sebuah sinergitas yang baik antar berbagai pihak terkait untuk bersama-sama mensukseskan Pilkada Meranti 2020 mendatang. Kepada PPK jagalah amanat ini dengan baik," harapnya.***