PEKANBARU – Pandemi COVID-19 yang sudah membuat semua sektor terintimidasi dan terkekang kini akhirnya memberikan ruang bagi masyarakat seolah lepas dan bebas. Kerinduan akan semaraknya malam menyambut Idul Fitri 1443 Hijriyah dibuktikan dengan tumpahruahnya ribuan masyarakat Pekanbaru yang ikut pawai takbir.

Seperti mengobati kerinduan akan menyambut hari kemenangan yang sempat tertahan selama dua tahun, warga mengumandangkan takbir di jalan protokol kota hingga pelosok.

Pantauan Antara pada Ahad malam (1/5), ribuan masyarakat memadati ruas-ruas jalan di Pekanbaru.

Pawai takbir keliling dilakukan masyarakat dengan mobil hias yang diberi pengeras suara bahkan berjalan kaki dengan membawa obor.

Kepadatan tampak di jalan-jalan utama Kota Pekanbaru, seperti di Jalan Sudirman, Arifin Achmad, HR Soebrantas, Harapan Raya, Hang Tuah dan beberapa ruas jalannya.

Lantunan takbir juga menggema dari sejumlah masyarakat yang melakukan takbir keliling di sekitar perumahan-perumahan.

"Alhamdulillah kerinduan akan suasana menyambut Idul Fitri akhirnya terobati tahun ini. Kami mengucapkan terimakasih kepada pemerintah yang memperbolehkan takbiran keliling tahun ini," kata Sabaruddin salah seorang ketua RW di Payung Sekaki Pekanbaru, Ahad malam.

Walaupun banyak warga yang melaksanakan takbir keliling, namun ruas-ruas jalan di Kota Bertuah relatif lancar. Kepadatan-kepadatan kendaraan hanya tampak di beberapa lokasi saja.

Sejumlah aparat kepolisian juga tampak berjaga di sejumlah titik mengatur dan mengawasi jalannya takbiran keliling tahun ini.

"Kami menyambut kemenangan dengan rasa syukur," timpal Udin warga lainnya. ***