JAKARTA - Presiden Joko Widodo atau Jokowi meresmikan jalan tol Pekanbaru-Bangkinang sepanjang 30,9 kilometer di Kabupaten Kampar, Provinsi Riau. Menurut Jokowi, tol Pekanbaru-Bangkinang ini bisa meningkatkan konektivitas dan meningkatkan daya saing produk dari Provinsi Riau.

Untuk diketahui, tol Pekanbaru-Bangkinang merupakan bagian dari jalan tol Pekanbaru-Padang yang proses pembangunannya masih berjalan. Adanya tol ini, diyakini mampu meningkatkan mobilitas masyarakat di Sumatera.

"Kita harapkan dengan jalan tol yang ada ini, kecepatan mobilitas orang barang dan jasa semakin baik sehingga menumbuhkan daya saing produk-produk yang ada di Provinsi Riau," terangnya dalam peresmian Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinan, mengutip tayangan YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (4/1/2023).

Selain meningkatnya mobilitas dan daya saing produk, Jokowi berharap ini akan menumbuhkan titik-titik penopang ekonomi baru di Provinsi Riau. Pada akhirnya mampu memberikan dampak yang positif ke masyarakat.

"Dan kita harapkan juga bisa menumbuhkan sentra-sentra ekonomi baru dan pada akhirnya nanti akan membuka lapangan kerja dan memberikan kesejahteraan kepada masyarakat," paparnya.

Informasi, panjang seksi Pekanbaru-Bangkinang adalah sepanjang 40 kilometer. Jalan tol ini juga menjadi penting karena berfungsi sebagai penyangga dari Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS). Penggarapan jalan tol ini dilakukan oleh PT Hutama Karya (Persero).

Jokowi sendiri meresmikan jalan tol Pekanbaru-Bangkinang sepanjang 30,9 km. Dengan biaya yang dikeluarkan untuk pembangunan adalah Rp 4,8 triliun. "Dengan mengucap bismilahirrahmanirrahiim pada siang hari ini saya resmikan jalan tol ruas Pekanbaru-Padang seksi Pekanbaru-Bangkinang di Kabupaten Kampar, Provinsi Riau," ujarnya seperti ditayangkan akun YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (4/1/2023).

Dia menyampaikan kalau seksi ini menjadi pelengkap dari jalan tol Pekanbaru menuju Dumai yang jumlah trafiknya sudah mencapai 8.000 kendaraan. "Sekarang dari Pekanbaru ke Bangkinang sepanjang 30,9 km yang menghabiskan anggaran Rp 4,8 triliun," tuturnya.

Pada peresmian ini, Jokowi didampingi oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, hingga Menteri BUMN Erick Thohir.

Sebagai informasi, panjang seksi Pekanbaru-Bangkinang adalah sepanjang 40 kilometer. Jalan tol ini juga menjadi penting karena berfungsi sebagai penyangga dari Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS). Penggarapan jalan tol ini dilakukan oleh PT Hutama Karya (Persero).

Pada kesempatan yang sama, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parkesit menyampaikan kalau seksi ini menjadi penting. Selain sebagai backbone JTTS, ini juga akan menjadi alternatif karena rute Pekanbaru menuju Padang mengantongi trafik yang cukup tinggi. "Karena kita tahu antara Padang-Pekanbaru itu trafiknya tinggi, dan ktia perkirakan lalu lintas harian itu sekitar 7.000 kendaraan per hari, yang relatif sangat tinggi bagi tol-tol di Sumatera," terangnya.

Jalan Tol Pekanbaru - Bangkinang mulai berbayar pada Minggu 25 Desember 2022. Jalan tol ini telah dibuka sejak Oktober 2022 lalu tetapi masih gratis. Direktur Operasi III Hutama Karya Koentjoro menjelaskan, pengenaan tarif ini sesuai menyusul Surat Keputusan (SK) Menteri PUPR Nomor 1293/KPTS/M/2022 tentang penetapan tarif Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang dan arahan Badan Pengatur Jalan Tol Nomor BM.07.02-P/957 tentang Pengoperasian Jalan Tol Pekanbaru - Padang Seksi Pekanbaru - Bangkinang.

PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) selaku pengelola secara resmi menginformasikan bahwa akan diberlakukan tarif pada hari Minggu 25 Desember 2022. Hutama Karya akan memberlakukan tarif pada tol Pekanbaru - Bangkinang sesuai dengan arahan regulator, dimana sebelumnya telah dilakukan sosialisasi secara masif sejak tanggal 5 Desember 2022 lalu.

"Dengan akan diberlakukannya tarif ini kami menghimbau agar pengguna jalan memastikan kecukupan saldo uang elektronik sebelum melintasi jalan tol untuk menghindari tumpukan antrian di gerbang tol, terutama selama mudik nataru ini," ujar Koentjoro, dalam keterangan tertulis, Sabtu (24/12/2022).

Penetapan tarif Jalan Tol Pekanbaru - Bangkinang ini tertuang dalam Surat Keputusan (SK) Menteri PUPR Nomor 1293/KPTS/M/2022 dengan besaran tarif Golongan I Rp 33.500,Golongan II & III 50.500 dan Golongan IV & V 67.000.

Jalan Tol Pekanbaru - Bangkinang yang beroperasi memiliki panjang keseluruhan 31 km dilengkapi dengan 2 x 2 lajur, 1 (satu) Gerbang Tol (GT Bangkinang) dan 1 (satu) On Off Ramp Sungai Pinang.***