PEKANBARU - Badan Musyawarah (Banmus) DPRD Riau telah mengeluarkan rekomendasi agar anggota DPRD Riau menghadiri rapat paripurna secara fisik, namun tampaknya rekomendasi ini masih diabaikan oleh sebagian anggota dewan.

Hal ini terlihat saat rapat paripurna yang digelar DPRD Riau pada Selasa (24/1/2023), berdasarkan absensi jumlah anggota DPRD Riau yang hadir secara fisik hanya 26 orang.

"Berdasarkan rekomendasi Banmus, mulai hari ini rapat paripurna mesti dihadiri secara fisik, tidak ada online lagi," kata ketua DPRD Riau Yulisman saat memimpin rapat paripurna.

Untuk itu ia berharap kepada anggota DPRD Riau untuk menjalankan rekomendasi Banmus tersebut," Saya harapkan ini menjadi perhatian kita bersama," ucapnya.

Politisi Golkar ini berharap ketua Badan Kehormatan (BK) DPRD Riau Ade Agus Hartanto dapat dapat menjalankan fungsinya agar rekomendasi Banmus tersebut dipatuhi oleh anggota DPRD Riau," Juga penyelenggaran rapat paripurna harus tepat waktu," imbuhnya.

Sebelumnya rapat paripurna dengan agenda penyampaian Jawaban Gubernur Atas Pandangan Umum Fraksi terhadap Rancangan Perda tentang Rencana Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup 2022-2051 sekaligus Pembentukan Pansus mendapat instruksi dari beberapa anggota dewan karena molornya waktu penyelanggaraan yang semula dijadwalkan pada pukul 10.30 WIB, baru bisa digelar pukul 11.20 WIB.

Kondisi ini mendapat protes dari anggota Fraksi PDIP DPRD Riau Almainis, ia meminta jadwal rapat paripurna digelar tepat waktu sesuai jadwal yang telah ditetapkan oleh Banmus.

"Saya minta pimpinan komit dengan jadwal. Kalau terlambat jangan sampai satu jam, yang hadir disini juga punya agenda penting lainnya, kedepan saya minta ini jangan terjadi lagi, molor sampai satu jam," pintanya.

Intrupsi juga disampaikan oleh ketua. Fraksi Gerindra Syafruddin Iput, ia menyoroti sikap anggota dewan yang hanya menandatangani absen namun tidak terlihat saat rapat paripurna digelar.

"Badan Kehormatan (BK) diharapkan tegas. Jangan pilih-pilih kawan, yang seperti ini hantam saja, bisanya absen saja, tapi tak hadir," imbuhnya. (kl2)