SELATPANJANG - Realisasi vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau terus meningkat. Hal ini tentunya didukung oleh pasokan atau stok vaksin yang tersedia.

Sebagaimana diungkapkan Juru Bicara Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kepulauan Meranti, Muhammad Fahri SKm, realisasi vaksinasi tahap pertama berhasil disalurkan kepada 44.539 jiwa dengan tingkat persentase sebesar 27 persen.

"Kemudian untuk vaksinasi kedua sebanyak 20.516 jiwa atau setara 12,8 persen dari target sasaran yang diberikan oleh pemerintah provinsi dan pusat," ungkap Fahri baru-baru ini.

Dengan demikian ia memastikan jumlah terhadap realisasi vaksinasi di Kepulauan Meranti terus meningkat seiring berjalannya waktu, mengingat pihaknya terus membuka banyak posko vaksinasi di seluruh UPT dan pusat kesehatan. 

"Kondisi itu juga ditambah oleh peran lintas sektor seperti posko vaksinasi massal yang kerap dibuka oleh pihak kepolisian dan TNI yang masih berlangsung hingga saat ini," ucapnya.

Walupun demikian, kanjut Fahri, target prioritas tetap dilihat jumlah penduduk pada setiap kecamatan. Seperti saat ini berdasarkan instruksi bupati, mereka akan merampungkan realisasi vaksinasi di Kecamatan Tebingtinggi.

"Prioritas Kecamatan Tebingtinggi, karena sasaran terbesar berada di pusat kabupaten," ujarnya. 

Untuk mengejar target yang telah ditetapkan, Fahri mengaku tidak bimbang dengan pasokan atau stok vaksin yang tersedia. Karena ia proses pendistribusian vaksin yang dilakukan oleh pemerintah pusat dan provinsi, mulai lancar tidak seperti sebelumnya.

"Untuk stok kita sudah mulai lancar. tidak seperti sebelumnya. yang jelas ketika stok habis terus kita ambil. Mudah-mudahan kedepannya bisa terus berjalan lancar," harap Plt Kapala Dinas Kesehatan (Diskes) Kepulauan Meranti itu.***