PEKANBARU - Vaksinasi vaksin Covid-19 bagi tenaga kesehatan (Nakes) di Kota Pekanbaru mulai memasuki dosis kedua. Setidaknya, 333 nakes sudah menjalani tahap kedua tersebut.

Sekretaris Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru, Zaini Rizaldi Saragih menjelaskan, sebelumnya sudah 6.121 Nakes yang mendapat vaksin dosis pertama. Masing-masing Nakes yang telah divaksin, harus mendapatkan dosis kedua agar memaksimalkan efektivitas nya.

"Sekarang masuk tahap kedua, sudah ada 333 Nakes yang menjalani vaksinasi dosis kedua ini. Jumlah ini dihimpun dari 16 Puskesmas, 16 Rumah Sakit, dan satu Klinik Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP)," ujarnya, Jumat (5/2/2021).

Menurutnya, vaksinasi akan terus berlanjut hingga seluruh Nakes yang terdaftar telah mendapatkan bagian. Diskes melakukan percepatan vaksinasi, mengingat jumlah tenaga kesehatan penerima vaksin mencapai 13 ribu orang di Kota Pekanbaru.

Ia menyebut, meskipun ada sejumlah kendala dalam melakukan vaksinasi, namun efek samping vaksin buruk belum ditemukan. Namun, pihaknya sudah menyiagakan RSD (Rumah Sakit Daerah) Madani dan RSUD (Rumah Sakit Umum Daerah) Arifin Ahmad sebagai rujukan, jika dampak buruk vaksinasi ditemukan.

"Memang kadang ada kendala, seperti kondisi tubuh penerima vaksin tidak memungkinkan, tensi tidak normal dan lain-lain. Tetapi setelah vaksinasi, kondisi penerima tetap baik-baik saja," paparnya. ***