SELATPANJANG - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Ir Effendi Komisi IV fraksi PDI Perjuangan Dapil Riau I Sianipar kembali mengadakan rangkaian kegiatan dan evaluasi kerja di berbagai tempat di Propinsi Riau, tepatnya di Kepulauan Meranti sebagai daerah pemilihannya.

Dalam setiap kunjungannya, Effendi Sianipar terus mengakomodir setiap kebutuhan masyarakat dan konsisten memberikan bantuan setiap tahunnya. Terutama di daerah yang berbasis petani dan nelayan.

Sebagai bukti nyata, beliau terus memperjuangkan distribusi alat mesin pertanian (alsintan) bagi petani yang merupakan warga Riau tiap tahunnya melalui dana APBN.

Ia menekankan bantuan yang diberikan diharapkan bisa meningkatkan ekonomi rakyat.

Ads
"Saya berharap bantuan ini dijaga dan dirawat dengan baik. Sehingga, bisa dipergunakan oleh petani lainnya. Sehingga perekonomian rakyat bisa lebih maju," kata Effendi Sianipar.

Beliau berharap upaya mekanisasi pertanian dan pemberian bantuan kepada nelayan ini bisa semakin meningkatkan kesejahteraan petani dan para nelayan. 

"Harapan kita petani dan nelayan itu bisa sejahtera. Karena kesejahteraan petani dan nelayan bisa dikatakan menjadi indikator kesejahteraan negara," tegas Effendi. 

Effendi menegaskan, bantuan alsintan tersebut untuk mendukung program swasembada pangan yang dicanangkan oleh presiden melalui Kementerian Pertanian. Dengan adanya bantuan alsintan tersebut diharapkan para petani di Kepulauan Meranti makin produktif.

"Penggarapan lahan pangan yang selama ini dilakukan secara manual harus dialihkan menjadi mekanikal atau berbasis mesin yang modern. Ini akan berdampak terhadap efektifitas dan efisiensi waktu serta biaya yang harus ditanggung oleh para petani," kata Effendi Sianipar.

Hal itu tergambar saat dirinya mengunjungi salah satu sentra pertanian di Kepulauan Meranti. Beliau mengadakan simbolis serah terima Alsintan kepada kelompok tani di Desa Melai Kecamatan Rangsang Barat.

Dalam agenda tersebut, Effendi Sianipar didampingi Sekda Kepulauan Meranti, Kepala Dinas Pertanian Pertenakan dan Pangan, dan Plt Kepala dinas perkebunan dan Holtikultura.

Dia menginginkan, dengan bantuan yang diberikan dapat meningkatkan swasembada pangan dan mensejahterakan para petani di Kabupaten termuda di Propinsi Riau itu.

Didalam kesempatan lain, Effendi Sianipar juga menggagas pelatihan budidaya kepiting untuk para nelayan di Kota Selatpanjang.

Didalam pembicaraannya dihadapan para nelayan, anggota Komisi IV DPR RI yang membidangi pertanian, perkebunan, kehutanan, perikanan, dan pangan ini mengatakan Kepulauan Meranti sangat potensial untuk dikembangkan budidaya kepiting, mengingat daerah ini merupakan kawasan mangrove dan lautan yang luas. Hal itu nantinya akan didukung oleh bantuan dari Kementrian Kelautan dan Perikanan.

Tidak hanya fokus terhadap petani dan nelayan saja, Effendi Sianipar juga peduli terhadap masyarakat yang menggeluti UMKM.

Didalam rapat bersama pengusaha UMKM, Effendi Sianipar memberikan bimbingan teknis kepada kelompok untuk meningkatkan kualitas kemasan dan produk pengembangan usaha dalam rangka meningkatkan kesejahteraan. Kegiatan tersebut berkat kerjasama dari BRI, DIsperindagKopUKM, dan Dinas Pertanian, Peternakan, dan Ketahanan Pangan. Dimana BRI sebagai lembaga keuangan bisa membantu permodalan usaha untuk UMKM untuk lebih tumbuh di Kepulauan Meranti.

Dia melanjutkan kunjungannya ke Kepulauan Meranti dengan menyempatkan diri berkunjung ke Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) Desa Gogok Kecamatan Tebingtinggi Barat. Didampingi Kepala Bidang Ketahanan Pangan, Effendi Sianipar kembali menyalurkan bantuan kepada lima kelompok KRPL.

Effendy Sianipar lahir dari pelosok desa. Berangkat dari latar belakangnya itu dia konsisten untuk membantu kaum petani, nelayan dan masyarakat kecil lainnya.

Selain itu, semua ini terlaksana berkat mitra kerja bersama antara pemkab Kepulauan Meranti dan sektor lainnya untuk menunjang pembangunan dan peningkatan kesejahteraan.

"Perjuangan Pak Effendi untuk mendapatkan alsintan tersebut melalui APBN sebagai bukti kerja nyata dan kepeduliannya kepada petani. Selama ini beliau sangat konsisten dan selalu peduli terhadap masyarakat kepulauan meranti dibidang lainnya. Kita juga tetap berkoordinasi dengan pemerintah Kabupaten," kata Suryo Sumpeno asisten Effendi Sianipar yang juga merupakan Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kabupaten Kepulauan Meranti di Meranti.

Sebagai evaluasi kerja dalam 4 tahun terakhir, mulai tahun 2014 sampai ke tahun 2018 Effendi Sianipar telah banyak membantu sektor pertanian, perkebunan, peternakan.

Adapun alat yang sudah disalurkan berupa 100 unit Hand Tracktor, 98 unit pompa air, 27 unit mesin penyimpanan hama, 10 unit mesin perontok padi, 4 unit mesin panen padi, 10 unit mesin penggiling padi, 1 unit Excavator, 2 CSR KBR Bank Pesona, 2 Kelompok Sapi UFFO, 5 Kelompok KRPL, 30.000 bibit buah-buahan, ratusan hektar perluasan cetak sawah, ratusan hektar perluasan kebun kopi, ratusan hektar perluasan kebun sagu, pelepasan hutan Kemasyarakatan 19.000 hektar untuk 20 desa di Kepulauan Meranti, 15 kelompok pengolahan pangan perikanan, 13 Kelompok budidaya ikan air tawar, 5 buah kapal nelayan + alat tangkap, 8 unit keramba apung.

"Dalam waktu dekat mudah mudahanan bantuan lainnya akan sampai di Meranti 100.000 ekor bibit ikan nila," ungkap Suryo Sumpeno. ***