PEKANBARU - Putaran untuk putar balik kendaraan atau u-turn di bawah flyover Mal SKA, Jalan Soekarno Hatta Pekanbaru, Riau, kembali ditutup setelah sempat dibuka beberapa waktu lalu.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Riau, M Taufiq OH mengatakan, bahwa u-turn tersebut akan dibuka pada waktu-waktu tertentu, seperti saat arus lalulintas di sekitar simpang Jalan Tuanku Tambusai dan Jalan Soekarno Hatta tersebut sedang macet.

Kebijakan ini pun dilakukan setelah ada kajian rekayasa lalulintas di persimpangan jalan tersebut beberapa waktu lalu. Yaitu, pembukaan u-turn di bawah flyover itu dilakukan secara situasional dengan melihat kepadatan arus lalulintas yang ada.

"Jadi sebenarnya, kan boleh-boleh saja dibuka atau ditutup, karena ketentuannya kan bisa melihat situasi yang ada. Jadi u-turn itu bukan tidak difungsikan sama sekali," kata Taufiq di Pekanbaru, Jumat (12/4/2019).

Ads
Ia pun menjelaskan, bahwa tujuan adanya u-turn di setiap bawah flyover yaitu untuk mengurai arus lalulintas jika terjadi kemacetan. Sehingga, jika arus lalulintas padat, ada tempat untuk beralih kejalur lain yang lebih lancar.

"Kalau saya sebagai ahli traffic, saya mencegah untuk adanya u-turn. Tapi harus disiapkan untuk antisipasi terhadap kondisi terburuk, jadi harus ada tempat untuk melepas arus lalulintas," paparnya. ***