SELATPANJANG - Sebanyak 4 (empat) Pj Kades di Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau dilantik dan diambil sumpah, bertempat di Gedung Orange Kantor Bupati Kepulauan Meranti, Jumat (12/4/2019) siang.

Adapun para Pj Kades yang dilantik diantaranya, Pj Kepala Desa Kepau Baru, Kecamatan Tebing Tinggi Timur, Kamarudin, Pj Kepala Desa Ketapang Permai, Kecamatan Pulau Merbau, Ami Kusmawadi, Pj Kepala Desa Tenggayun Raya, Kecamatan Rangsang Pesisir, Ahmadi SPd, dan Pj. Kepala Desa Tanjung Pisang, Kecamatan Tasik Putri Puyu, T. Mahdar.

Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan dilakukan langsung oleh Sekretaris Daerah Kepulauan Meranti H. Yulian Norwis SE MM.

Tampak hadir, Asisten I Setdakab Meranti Asmarudin, Kadis Pemdes Drs Ikhwani didampingi Sekretarisnya H Edi M Nur, Kajari Budi Rahardjo SH, Wakapolres Kompol Irmardison, Camat Tebing Tinggi Timur Rayan Pribadi SH, Camat Rangsang Pesisir M. Nasir, Sekretaris BPPRD Agusyanto SE M.Si , Sekretaris BKD Meranti Drs. Bakharuddin, Camat Tasik Putri Puyu Abdul Hamid, Camat Pulau Berbau Drs. M. Nazar, Pj. Kades yang dilantik serta sejumlah tamu undangan lainnya.

Pelantikan Pj Kades yang berlangsung khidmat itu diawali dengan pengucapan sumpah jabatan oleh seluruh Pj Kades yang dipandu oleh Sekda Kepulauan Meranti H. Yulian Norwis SE MM, dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara pelantikan dan pemasangan tanda jabatan.

Dalam sambutannya dijelaskan Sekda, Pelantikan Pj. Kades ini adalah untuk menjaga agar pelaksanaan pemerintahan, pembangunan dan pemberdayaan masyarakat tetap berjalan normal hingga dilantiknya Kades Defenitif.

Pelantikan Pj Kepala Desa merupakan proses penataan organisasi tingkat desa, karena Kades defenitif telah berakhir masa jabatannya, namun Pj Kades juga memiliki kewenangan penuh terhadap Pemerintahan Desa.

"Pj Kades merupakan perpanjangan tangan Pemerintah Kabupaten di wilayah Desa masing masing, atau dengan kata lain sama persis dengan jabatan pejabat struktural yang dapat berganti posisi kapanpun sesuai dengan kebutuhan organisasi," ujarnya.

Hal lainnya yang diingatkan Sekda kepada Pj Kades yang baru saja dilantik, hendaknya dapat membangun komunikasi yang baik dengan semua komponen masyarakat karena dalam proses pengelolaan pemerintahan Desa akan terus berhubungan selain itu juga Pj Kades harus memiliki Inovasi dalam membagun Desa.

"Jalin juga komunikasi dengan tokoh masyarakat serta pemuda agar semua kebijakan yang dikeluarkan tidak mendapat penolakan. Lakukan konsolidasi dengan masyarakat agar tercipta stabilitas Desa, sehingga kondisi Desa berjalan aman, damai tanpa gejolak dan pembangunan dapat berjalan dengan semestinya,"

Kemudian yang tak kalah penting menurut Sekda Meranti H. Yulian Norwis adalah Pj Kades yang dilantik dapat mempersiapkan pemilihan Kepala Desa pada Bulan Mei 2019 mendatang.

"Semoga Pj Kades dapat menjalankan tugas dengan baik sesuai harapan masyarakat dan peraturan perundang undangan yang berlaku," harapnya.***