PEKANBARU - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Riau mengusulkan anggaran pengadaan mebeler untuk mengisi Kantor Polda Riau, melalui APBD Perubahan 2019.

Sebelumnya Pemprov Riau melalui APBD 2018 telah menggelontorkan Rp172 miliar untuk membangun Kantor Polda Riau dan Kantor Kejaksaan Tinggi (Kejati) Riau Rp94 miliar. Pada APBD Perubahan 2019 Dinas PUPR mengajukan pengadaan mebeler Kantor Polda Riau sebesar Rp10 miliar di Jalan Patimura, Pekanbaru.

Kepala Dinas PUPR Riau, Dadang Eko Purwanto mengatakan kepada wartawan, bahwa anggaran yang diusulkan tersebut belum dibahas ditingkat Tim Anggaran Pemerintah Daerah (RAPD).

"Anggaran tersebut diusulkan ke TAPD untuk dibahas dalam penyusunan APBD Perubahan 2019, dalam bentuk hibah anggaran," ujar Dadang, Selasa (23/7/2019).

Menanggapi hibah mebeler sebesar Rp10 miliar tersebut, Ketua TAPD Riau, Ahmad Hijazi menyampaikan, pihaknya masih menghitung kemampuan untuk hibah anggaran kebutuhan perabot dan mebeler Kantor Polda Riau.

"Anggaran untuk hibah mebeler belum final, kita masih menghitung kemampuan keuangan daerah," ungkap Hijazi.

Hingga saat ini pihaknya masih mencari sumber dana yang bisa digunakan untuk hibah anggaran mebeler Kantor Polda Riau. "Kita baru menghitung berapa kemungkinan defisit, berapa kemungkinan pendapatan yang bisa ditambah," kata Hijazi.

Diketahui, Kantor Polda Riau yang baru di Jalan Patimura Pekanbaru hingga saat ini belum juga ditempati. Padahal Dinas Pekerjaan Umum (PUPR) Riau mengklaim seluruh bangunan dari gedung ini sudah selesai dibangun. Di lokasi gedung ini tidak lagi terlihat lagi ada pekerjaan pembangunan. Seluruh bangunan sudah selesai dibangun, bahkan hingga ke pagar pun tampak sudah selesai dibangun.

Kantor Polda Riau yang baru ini dibangun dengan menggunakan APBD Provinsi Riau dan akan dihibahkan untuk lembaga vertikal, Polda Riau. Pembangunan gedung ini menelan anggaran Rp161 miliar dari pagu anggaran Rp170 Miliar yang diambil dari APBD Riau tahun 2018.

Sebelumnya dibangun Kantor Polda Riau ini dulunya merupakan komplek Sekolah Polisi Negara (SPN) Polda Riau. Karena kawasan ini dibangun Mapolda Riau, maka saat ini SPN dipindahkan ke Kampar. Selain Mapolda Riau, Pemprov Riau juga membangun gedung untuk lembaga vertikal lainya, yakni Kejati Riau dengan anggaran sebanyak Rp90 miliar di tahun 2018 dan ditambah lagi Rp39 miliar di tahun 2019 ini. ***