PEKANBARU - Dukungan terus mengalir kepada Anggota DPR RI Dapil Riau 1, Syamsurizal untuk maju sebagai Calon Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PPP Riau di Musyawarah Wilayah (Muswil) PPP Riau tanggal 28-29 mendatang.

Dukungan tersebut muncul dari Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PPP Rohul. Sekretaris DPC PPP Rohul, Mukhsin, mengatakan, dari nama-nama yang mulai muncul saat ini di bursa pencalonan, nama Syamsurizal merupakan nama yang paling populer.

"Siapa yang tak kenal Syamsurizal? Di eksekutif sudah matang dengan menjadi Bupati Bengkalis dua periode, di legislatif sudah menjadi Anggota DPR RI sekarang. Kadi sosok beliau dan popularitasnya tidak kita ragukan lagi bisa mengangkat marwah PPP Riau," katanya, Jumat (21/5/2021).

Dengan kondisi PPP yang mengalami penurunan suara maupun kursi di tingkat provinsi, menurut Mukhsin, sosok Syamsurizal akan menjadi titik terang untuk mengangkat nama PPP Riau, sehingga lebih 'terpandang' di Pemilu 2024 mendatang.

"Kalau Pak Syam bersedia, kita siap mendukung penuh dia untuk maju dengan harapan tidak dalam konteks kepentingan sempit. Dukungan kami ini murni bagaimana PPP bisa besar dan sesuai dengan apa yang diinginkan," tambahnya.

Secara organisasi, DPC PPP Rohul, sambungnya, pernah berinteraksi langsung dengan Syamsurizal saat tengah melakukan reses di Rokan Hulu. Dalam interaksi itu, DPC Rohul melihat sosok Syamsurizal cenderung lebih 'kebapak-bapakan'.

"Beliau sempat ke kantor DPC Rohul, kami tengok karakternya lebih 'kebapak-bapakan', dia tokoh yang bisa mendengarkan orang-orang yang mungkin secara level tidak sama dengan dia. Hal begini akan jadi daya tarik bagi masyarakat ketika dia jadi tokoh sentral di PPP nanti," tutupnya.

Sebelumnya, dukungan yang sama disampaikan oleh Sekretaris DPC PPP Rohil, Perwedis Suito. DPC Rohil menginginkan adanya langkah penyelematan terhadap kondisi partai berlambang kakbah ini seiring dengan anjloknya suara PPP di Pileg 2019 lalu.

"Kami dari Rohil punya misi ingin menyelematkan PPP dalam rangka menyongsong Pileg 2024. Salah satu caranya adalah memilih pemimpin yang layak dan kapabel untuk PPP Riau. Sehingga tahun 2024 kita bisa mendudukkan legislatif di tingkat provinsi maupun pusat melebihi perolehan 2019 lalu," katanya kepada GoRiau.com, Kamis (20/5/2021).

Menurut Perwedis, PPP memiliki banyak kader-kader potensial yang layak maju di Muswil mendatang, dan dari nama-nama kader itu dia menjagokan nama Anggota DPR RI, Syamsurizal untuk maju di Muswil.

"Beliau itu sudah matang di pemerintahan dan politik. Buktinya dia pernah jadi Bupati Bengkalis dua periode, pernah jadi Plt Wali Kota Pekanbaru, dan sekarang jadi DPR RI. Nama besarnya diharapkan bisa memajukan PPP Riau," harapnya. ***