MAKKAH -- Ribuan umat Islam yang menunaikan ibadah haji wukuf (berkumpul di Padang Arafah) pada puncak ibadah haji, 9 Zulhijjah 1442 H, Senin (19/7/2021).

Dikutip dari detikcom, ribuan jamaah memadati Padang Arafah sejak fajar hingga senja. Mereka menghabiskan waktu untuk berdoa dan beribadah mencari pengampunan Allah SWT.

Berada di luar kota Makkah, Padang Arafah merupakan tempat yang spesial. Di Padang Arafah, Nabi Muhammad SAW menyampaikan khutbah perpisahan untuk umatnya.

Begitu pentingnya Padang Arafah, sampai-sampai Nabi Muhammad SAW pernah bersabda: ''Al-Hajju Arafah,'' Haji adalah Arafah.

Diriwayatkan pula, bahwa di Padang Arafah ini pula Nabi Adam dan Hawa bertemu kembali setelah mereka dikeluarkan dari surga.

Selama di Padang Arafah, jamaah haji akan melakukan wukuf atau kegiatan berdiam diri sambil memperbanyak ibadah kepada Allah SWT. Di hari ini, segala dosa akan terhapuskan.

Padang Arafah sendiri luasnya sekitar 36 kilometer persegi. Letaknya berada di antara Mina dan Muzdalifah dari arah Makkah.

Pelaksanaan ibadah haji tahun ini cukup berbeda dari sebelumnya karena pandemi Covid-19. Pemerintah Arab Saudi hanya membuka kesempatan Haji untuk masyarakat yang bermukim di Arab Saudi saja.

''Pelaksanaan ibadah haji 2021 hanya terbatas domestik Arab Saudi baik warga negara Arab Saudi dan para ekspatriat yang berada di Arab Saudi,'' kata Duta Besar RI untuk Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (12/6/2021).

Pemerintah Arab Saudi juga membatasi kapasitas jamaah yang bisa melakukan ibadah haji 2021. Tak hanya kapasitas, batasan usia pun telah ditentukan, yaitu maksimal berjumlah 60 ribu jamaah, usianya berkisar antara 18 hingga 65 tahun.***