PANGKALAN KERINCI – Pencapaian program Keselamatan dan Kesehatan kerja (K3) selama 500 hari tanpa Lost Time Injury (LTI) atau sama dengan 3,9 juta jam kerja tanpa LTI menjadi prestasi yang membanggakan Transport Division PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP). Direktur RAPP, Mhd Ali Shabri apresiasi atas prestasi yang diperoleh oleh department tersebut. Hal ini membuktikan para karyawan telah sadar akan K3.

“Prestasi ini harus dipertahankan secara berkesinambungan, seperti naik tangga. Naik tangga ini juga berarti kita harus melakukan perbaikan yang lebih baik lagi. Saya antusias dengan sistem seperti ini karena para pekerja telah benar-benar sadar akan keselamatan mereka,” tuturnya pada apel peringatan 500 hari tanpa LTI di Pangkalan Kerinci, Senin (5/8/2019).

Ali mengatakan safety itu harus dimulai dari diri sendiri. Sebab, para karyawan juga haru mengingat keluarga mereka dirumah yang menunggu. Menurut Ali, penyebab kecelakaan salah satunya adalah tingkah laku sendiri. Saat bekerja, para pekerja tidak hati-hati saat melakukan pekerjaan atau bisa juga tidak sesuai dengan SOP kerja.

“Jadi sebelum bekerja itu harus berdoa agar diberikan keselamatan. Lalu, saat bekerja, jangan lalai dalam keselamatan, harus mengikuti sesuai arahan. Misalnya mengendarai mobil, ketika belok harus menghidupkan sign, walaupun dibelakang kita tidak ada kendaraan,” tuturnya.

Transport Division Head RAPP, Arlin Simatupang mengatakan prestasi ini merupakan kontribusi dari semua karyawan Transport Division. Semua usaha dan kedisiplinan untuk melaksanakan K3 di tempat kerja telah diwujudkan oleh karyawan departemen ini.

"Ini juga sesuai dengan nilai-nilai yang dianut oleh perusahaan, yakni terus melakukan perbaikan (continious improvement). Keselamatan itu juga dimulai dari diri kita sendiri dan kita bisa menularkan ke orang lain," terangnya.

Ia menuturkan sistem manajemen K3 sangat penting bukan saja untuk mengendalikan risiko kecelakaan kerja, tapi juga memaksimalkan efisiensi dan efektivitas kerja untuk mendukung peningkatan daya saing perusahaan. Melalui penerapan sistem K3 secara konsisten dan berkesinambungan, tentu risiko-risiko yang tidak diinginkan akan dapat dicegah. (rls)