PERAWANG - Seratus ibu-ibu di Kecamatan Tualang, Kabupaten Siak, mendapatkan pelatihan pengenalan pembuatan toga (obat-obatan/herbal) dan pelatihan 'beautiful class', yang langsung diberikan oleh tenaga expert (tenaga ahli) dari perusahaan produk kecantikan dan obat-obatan Marta Tilaar dari Jakarta, Selasa (23/4) hingga Kamis (25/4).

Seratus ibu-ibu yang ikut dalam pelatihan yang digelar di aula Kantor Desa Perawang Barat, Kecamatan Tualang itu berasal dari delapan desa dan kelurahan se-Kecamatan Tualang. Mereka merupakan anggota PKK Tualang.

Program Pelatihan Pemberdayaan Perempuan ini merupakan salah satu Program DMPA (Desa Makmur Peduli Api) PT Arara Abadi – Sinar Mas Forestry (AA-SMF) Region Riau dan CD/CSR PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk (IKPP) Perawang dengan menggandeng perusahaan Marta Tilaar.

Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari ini terdiri dari dua iven, yaitu pelatihan membuat obat-obatan dan pelatihan beautiful class (kelas kecantikan).

Kegiatan ini dihadiri juga oleh Ketua dan Koordinator DMPA SMF Jos Rinaldi, Miswanto, Dedi dan Humas PT AA-SMF Nurul Huda.

Salah seorang peserta pelatihan, Indriawati (40), mengaku sangat beruntug bisa ikut dalam pelatihan ini dan berharap pelatihan ini berkelanjutan.

''Selama mengikuti pelatihan ini, kami merasakan banyak manfaatnya. Selama ini tanaman-tanaman yang kami anggap rumput atau gulma (tanaman tidak diinginkan yang tumbuh pada lahan pertanian atau pekarangan rumah) ternyata bisa diolah menjadi aneka macam makanan dan obat-obatan. Bahkan bisa diolah menjadi kue, aneka minuman, jamu dan lain-lain, sehingga bisa menambah penghasilan,'' ujarnya.

''Melalui pelatihan beauty class hari ini, kami dapat pengetahuan dasar tentang cara merias. Kami sangat berterima kasih sekali kepada perusaahaan Grup Sinar Mas atas kegiatan ini. Kami harap kegiatan ini terus berlanjut karena sangat mendukung pemberdayaan perempuan,'' sambungnya.

Sementara itu Koordinator DMPA SMF, Miswanto, menyampaikan, peserta kegiatan ini adalah Ibu-Ibu di sekitar areal operasional PT AA di Kecamatan Tualang 60 orang dan dari sekitar mill (pabrik) grup perusahan IKPP 40 orang, sehingga total 100 orang.

''Kita berharap dengan mengikuti pelatihan ini, ibu-ibu bisa membantu perekonomian keluarganya,'' kata Miswanto.

Sementara itu, salah seorang tenaga expert yang menangani event specialis dari Marta Tilaar, Sherly Noviansari (27), mengaku sangat senang melihat para peserta beautiful class sangat antusias. ''Pesertanya benar-benar antusias untuk belajar,'' kata Sherly.rls