PEKANBARU – Kabar membanggakan datang dari program Pascasarjana Universitas Islam Riau (UIR), dua Prodi program Pascasarjana berhasil meraih akreditasi A untuk Prodi Magister Manajemen Agribisnis (MMA) dan akreditasi Baik untuk Prodi Doktor Ilmu Hukum dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Keputusan akreditasi A Prodi MMA UIR tersebut mengacu berdasarkan surat keputusan BAN-PT Nomor 4969/SK/BAN-PT/Ak-PEPS/M/VII/2022 tertanggaL 26 Juli 2022.

Sedangkan Prodi Doktor Ilmu Hukum UIR dinyatakan memenuhi syarat memenuhi peringkat akreditasi Baik melalui surat keputusan BAN-PT Nomor 4595/SK/BAN-PT/Ak/D/VII/2022 tertanggal 19 Juli 2022 lalu. Adanya surat keputusan yang terbit tersebut juga mencabut surat keputusan nomor sebelumnya.

Kepala Prodi MMA UIR, Dr Ir Marliati MSi mengatakan, dengan pencapaian prodi MMA yang telah berhasil meraih akreditasi A tersebut merupakan pencapaian yang luar biasa.

"Dengan keluarnya SK akreditasi A dari BAN-PT untuk prodi MMA merupakan suatu pencapaian bagi kita saat ini. Membuat kita bisa lebih percaya diri menerima mahasiswa periode tahun ajaran selanjutnya," ujar Marliati, Jumat (29/7/2022).

Hal senada juga disampaikan Kepala Prodi Doktor Ilmu Hukum UIR, Prof Dr Hj Ellydar Chaidir SH MHum yang menuturkan, capaian akreditasi Baik tersebut merupakan suatu raihan yang patut diapresiasi. "Capaian yang diraih saat ini merupakan awalan yang bagus untuk prodi dan patut diapresiasi," ungkapnya.

Prodi Doktor Ilmu Hukum merupakan satu-satunya Prodi Doktor dalam keilmuan hukum yang ada di Sumatera dengan berfokus pada pengembangan keilmuan hukum dan menciptakan akademisi serta praktisi berpendidikan doktor ilmu hukum yang nantinya akan menjadi pionir dalam pengembangan ilmu hukum di Indonesia.

Sementara untuk prodi Magister Manajemen Agribisnis atau MMA yang sudah berdiri sejak 2007, telah menghasilkan ratusan alumni serta semua dosen dan pengajar telah menempuh pendidikan strata tiga (S3). Banyak pula dosen yang telah menjabat sebagai lektor kepala.

Untuk memenuhi kriteria penilaian pada akreditasi prodi pada perguruan tinggi ada beberapa poin penilaian yang penting serta perlu dilengkapi oleh perguruan tinggi.

Beberapa hal yang diperhatikan oleh BAN-PT seperti kualitas SDM, visi misi tujuan dan strategi, mahasiswa dan lulusan, kurikulum pembelajaran, pembiayaan sarana dan prasarana, serta tata pamong, kelola dan penjaminan mutu yang berkesinambungan. ***