MAKASSAR -- Seorang pria memakai penutup wajah membakar mimbar Masjid Raya Makassar, Sulawesi Selatan, pada Sabtu (25/9/2021) dini hari, sekitar pukul 01.30 Wita.

Dikutip dari detikcom, Kapolrestabes Makassar, Kombes Witnu Urip Laksana, mengatakan, sekuriti masjid sempat mengejar pelaku, namun pelaku berhasil melarikan diri.

''Dari hasil tangkapan CCTV terlihat jelas pelaku menggunakan penutup muka, kemudian melakukan seorang diri. Sempat dilakukan pengejaran oleh pihak sekuriti masjid, namun pelaku berhasil melarikan diri,'' ujar Kombes Witnu Urip Laksana, Sabtu (25/9/2021).

Sambung Witnu, mimbar masjid itu terbakar pada bagian belakang, sedangkan bagian depanya masih utuh.

''Kami melakukan cek TKP dan menemukan mimbar di Masjid Raya terbakar di bagian belakang, namun di bagian depannya masih utuh,'' kata Witnu.

Pelaku Ditangkap

Tak lama setelah melakukan olah TKP, polisi berhasil menangkap pelaku pembakar mimbar Masjid Raya Makassar. Pelaku berinisial K ditangkap sekitar pukul 13.35 Wita, tak jauh dari lokasi masjid Raya Makassar.

''(Ditangkap) di seputaran Al Markaz,'' ucap Witnu.

Witnu mengatakan pelaku merupakan warga sekitar dan pengangguran. Pelaku ini masih diinterogasi aparat di lapangan, termasuk mencari tahu motif pembakaran.

''Pelaku pengangguran. Motif masih didalami,'' ungkapnya.

Polisi sebelumnya juga menduga bila pelaku merupakan warga sekitar. Hal ini terungkap karena pelaku hampir setiap hari datang ke Masjid Raya Makassar.

''Kalau keterangan saksi, terutama penjaga masjid, memang diduga pelaku ini hampir setiap hari datang ke masjid ini, karena kebetulan yang bersangkutan tersebut warga di sekitar masjid,'' ujar Urip.

Kombes Witnu meminta warga tetap tenang dan tidak terprovokasi berita hoaks terkait pembakaran mimbar Masjid Raya Makassar.

''Khususnya warga Kota Makassar untuk tetap tenang, jangan terpancing-termakan isu-isu hoaks terkait kasus yang terjadi di Masjid Raya,'' tegasnya.***