SELATPANJANG - Komandan Angkatan Laut (Danlanal) Dumai, Kolonel Laut (P) Himawan MMSMC, melakukan peresmian renovasi Pos TNI Angkatan Laut (Posal) Selatpanjang, bertempat di Jalan Jawi-Jawi, Selatpanjang, Selasa (16/2/2021) siang.

Turut hadir dalam acara itu, Sekda Kepulauan Meranti, Dr H Kamsol MM, Danposal Selatpanjang, Letda Laut Jery Hendra, Danramil 02/Tebingtinggi, Mayor Inf. Bismi Tambunan SE, Kasat Binmas Polres Meranti, AKP Jufri SH, Kakan Imigrasi Kelas II Selatpanjang, Maryana SSos, Kadis Perikanan Meranti, Eldi Syahputra, perwakilan KSOP Selatpanjang, dan sejumlah tamu undangan lainnya. 

GoRiau Rombongan Danlanal Dumai bersa
Rombongan Danlanal Dumai bersama Sekda Kepulauan Meranti saat menghampiri sejumlah nelayan. (foto: gunawan).

Peresmian renovasi Pos Al Selatpanjang ditandai dengan penyerahan hibah tanah oleh Camat Tasik Putripuyu, Sugiarti kepada Danlanal Dumai, penyerahan dana renovasi Pos Al Selatpanjang dari Sekdakab Meranti, Dr H Kamsol kepada Danposal Selatpanjang, Letda Laut Jery Hendra, dilanjutkan dengan penandatanganan naskah perjanjian daerah oleh Sekda Meranti, Dr H Kamsol dan Danlanal Dumai, Kolonel Himawan, terakhir penandatanganan prasasti.

Dalam sambutannya, Danlanal Dumai, Kolonel Laut Himawan, mengucapkan terimakasih kepada Pemkab Meranti dan semua pihak yang telah mendukung renovasi Posal Selatpanjang, sehingga lebih representatif dalam mendukung tugas TNI AL di bidang kemaritiman.

"Atas nama pimpinan angkatan laut saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas dukungan pemerintah daerah dalam renovasi Pos Al Selatpanjang," ujarnya.

Selanjutnya, Himawan menceritakan sekilas sejarah berdirinya Posal Sepanjang, diawali pada tahun 1996 silam, ketika itu Posal Selatpanjang masih berupa Unit Tugas Keamanan Laut yang memiliki tugas utama untuk menegakan hukum dan menjaga kemananan laut di daerah yuridis nasional. Seiring perkembangan zaman dan kompleksnya dinamika permasalahan di wilayah laut Selatpanjang pada tahun 2007 Unit Tugas Keamanan Laut Selatpanjang ditingkatkan kapasitasnya menjadi Pos Angkatan Laut hingga saat ini.

Kedepan dikatakan Danlanal, tidak menutup kemungkinan Posal Selatpanjang akan ditingkatkan lagi menjadi pangkalan laut, pertimbangan itu melihat wilayah Kepulauan Meranti yang luas dan berada di kawasan strategis nasional yakni berhadapan dengan Selat Malaka yang berbatasan langsung dengan negara tetangga Malaysia dan Singapura.

Untuk itu Danlanal berharap, keberadaan Posal Selatpanjang ini dapat menjadi mitra pemerintah dan instansi terkait capainnya dalam menciptakan situasi aman dan kondusif di wilayah Kepulauan Meranti.

Bukan saja menjaga keamanan laut Danlanal juga mengintruksikan Komandan Posal Selatpanjang juga turut berperan dalam pembinaan masyarakat yang berada di wilayah pesisir sehingga mampu mendorong peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. Salah satunya mendukung pemerintah daerah dalam mensukseskan Kampung Kakap Putih salah satu program Nasional yang dilaksanakan di negeri Sagu.

"Keberadaan TNI AL bukan saja untuk menciptakan situasi yang aman dan kondusif di wilayah Laut Selatpanjang tapi juga harus mampu bekerja sama dengan pemda, Babinsa, Polri untuk bersama-sama membina masyarakat dalam upaya peningkatan ekonomi dan kesejahteraan melalui kampung bahari nusantara," ujar Danlanal lagi.

GoRiau Danlanal Dumai, Kolonel Laut (
Danlanal Dumai, Kolonel Laut (P) Himawan MMSMC (kiri foto) didampingi Danposal Selatpanjang, Letda Laut Jery Hendra (kanan foto) saat menyerahkan bantuan sembako kepada sejumlah nelayan. (foto: gunawan).

Menyikapi hal itu, Sekretaris Daerah Kepulauan Meranti, Dr H Kamsol MM, juga mengucapkan apresiasi kepada Posal Selatpanjang yang selalu hadir dan siap mendukung tugas-tugas Pemerintahan Kepulauan Meranti. Untuk itu sekda berharap sinergitas yang telah baik itu dapat semakin solid dan mampu memberikan kontribusi positif bagi kemajuan Kepulauan Meranti.

Salah satu kerjasama yang diharapkan Sekda Kamsol adalah dukungan dalam mensukseskan Kampung Kakap Putih, dimana Kepulauan Meranti telah ditunjuk oleh Kementrian Perikanan RI sebagai sentral budidaya Kakap Putih Nasional.

"Kita juga berharap Posal Selatpanjang dapat bekerjasama dengan Pemda dan masyarakat dalam mensukseskan program Kampung Kakap Putih dimana Meranti telah ditunjuk oleh Kementrian Perikanan RI," pungkasnya.

Kegiatan peresmian renovasi Posal Selatpanjang juga dikemas dengan pemberian bantuan sosial kepada masyarakat membutuhkan berupa 100 paket sembako yang diserahkan secara simbolis oleh Danlanal Dumai, Kolonel Himawan kepada perwakilan sejumlah nelayan.***