JAKARTA - Polemik pemberian penghargaan Adikarya Wisata 2019 kepada Diskotek Colosseum berbuntut 'pencopotan' Alberto Ali dari jabatan pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Kadisparbud) DKI Jakarta.

"Iya diganti Ibu Asisten Perekonomian dan Keuangan, Ibu Sriharyati," kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DKI Jakarta, Chaidir saat dihubungi, Selasa (17/12/2019).

Chaidir menyebut, pergantian jabatan itu terkait "dugaan atas kekeliruan dalam memberikan penghargaan," Adikarya Wisata 2019 kepada Diskotek Colosseum, 6 Desember lalu. Pergantian tersebut, dilakukan sejak Senin, 16 Desember 2019.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mencabut penghargaan Adikarya Wisata yang ditujukan untuk Diskotek Colosseum.

Dalam rilis yang beredar Senin (16/12/2019), Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi DKI Jakarta, Saefullah, menyampaikan bahwa Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan memerintahkan inspektorat agar melakukan pemeriksaan kepada jajaran yang terlibat dalam proses penilaian.

"Jika terbukti lalai, akan diberikan sanksi sesuai ketentuan yang berlaku. Jajaran yang terlibat sementara dinonaktifkan selama pemeriksaan berjalan. Selain itu, prosedur dan kriteria penghargaan Adikarya Wisata akan dievaluasi,” kata Saefullah.***