SIAK SRI INDRAPURA, GORIAU.COM - Meski keberadaan Satuan Polisi Air sudah satu tahun lebih di Kabupaten Siak, namun belum semua orang mengetahui tugas dan tanggungjawab Sat Pol Air dan bagaimana keterlibatan masyarakat dalam mendukung kerja Satuan Polisi Air. Untuk itu, Polres Siak menggelar sosialisasi dan pengenalan Kepolisian Perairan sebagai bentuk perwujudan pelayanan masyarakat, sekaligus menggelar tatap muka serta dialog bersama masyarakat dan penyuluhan Binmas Perairan di Desa Sungai Limau, Kecamatan Pusako, Siak, Kamis (21/2/2013).

Pengenalan dan tatap muka langsung diapresiasi oleh Bupati Siak Drs H Syamsuar MSi. Syamsuar mengatakan, kegiatan seperti ini akan dapat memantapkan sistem koordinasi antara masyarakat dan kepolisian demi meningkatkan sistem keamanan bagi masyarakat.

“Saya melihat program seperti ini dapat memantapkan sistem keamanan bagi masyarakat yang cukup kondusif hingga saat ini,'' ungkap Bupati saat memberikan sambutannya.

Sementara itu Kapolres Siak Sugeng Putut Wicaksono mengatakan tatap muka dan pengenalan adalah salah satu cara untuk menciptakan harmonisasi antara masyarakat dan kepolisian sehingga memudahkan koordinasi dan tindakan yang akan dilakukan oleh kepolisian.

Kepolisian air di kabupaten Siak sudah berumur 1 tahun 10 bulan. Kedepannya kata Putut, di Desa Sungai Limau direncanakan akan dibangun Mako Satpol Air melalui bantuan pemerintah kabupaten Siak. ''Itulah mengapa desa ini kami pilih untuk dilakukan sosialisasi,” ujar Putut yang juga berharap melalui kesempatan ini dapat dilakukan pendekatan-pendekatn kepada masyarakat khususnya yang bermukim dipinggir sungai serta masyarakat yang berprofesi sebagai nelayan.

Disamping memperhatikan keselamatan dalam beraktifitas disungai, masyarakat disepanjang aliran sungai juga diharapkan bekerjasama secara intensif dalam memberikan informasi. “Pol Air sendiri tentu tidak dapat memantau secara kesuluruhan kondisi perairan, sehingga kami mengharapkan kerjasama yang baik dari masyarakat. Intinya peran serta masyarakat sangat diharapkan,” tegas nya.

Harus diakui tambah Putut bahwa situasi lalu lintas perairan Sungai Siak sangat memungkinkan untuk terjadi berbagai tindak kejahatan, seperti penyeludupan, illegal loging hingga pintu masuk peredaran narkoba.

Pada kesempatan ini juga dilakukan penyerahan life jacket/pelampung dari Pol Air kepada para nelayan. Tampak hadir pada kesempatan tersebut Wakil Bupati Siak Drs H Alfedri MSi, Kepala Kantor Kesbangpol Linmas Kabupaten Siak Yurnalis MSi, Kabag Humas Setda Siak Zulfikri MSi, Camat Pusako Kharial Azmi MSi, KA KUA Pusako Kasful NAwar, para kepala desa sekecamatan Pusako serta perwakilan masyarakat se kecamatan Pusako. (sks)