PEKANBARU, GORIAU.COM - Pelaksana Tugas Gubernur Riau (Plt Gubri), H Arsyadjuliandi Rachman menyambut kedatangan jamaah haji Kloter 2 asal Pekanbaru dan Kuansing di Embarkasi Batam, Kepulauan Riau, Sabtu (11/10/2014).


Tergabung dalam Kloter 2 sebanyak 442 jamaah haji. Terdiri dari 300 jamaah asal Pekanbaru dan 142 dari Kuantan Singingi. Dari 442 jamaah, satu diantaranya adalah Bupati Kuantan Singingi, Sukarmis.


Plt Gubri didampingi Walikota Pekanbaru, Firdaus dan Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Kuantan Singingi, Muharman, sejumlah pejabat di Lingkungan Pemprov Riau, Pemko Pekanbaru dan Pemkab Kuansing.


Plt Gubri berharap, haji yang dilaksanakan para jamaah diharapkan bisa bermanfaat bagi masyarakat sekitar mereka. "Selamat datang kepada para jamaah. Mari kita bentuk dan tingkatkan kepedulian dengan lingkungan dan masyarakat," pesan Plt Gubri kepada para jamaah.


Selain itu, Plt Gubri juga mendapat ucapan terima kasih dari para jamaah atas doa dan dukungannya baik secara pribadi maupun imbauan kepada masyarakat agar para jamaah Riau bisa menjadi haji yang mabrur.


Tahun ini, Provinsi Riau memberangkatkan sebanyak 4.016 jamaah haji. Namun berdasarkan data yang diterima Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Riau, tersisa hanya 4.012 jamaah yang tinggal.


Sementara 4 lainnya telah meninggal saat menjalankan ibadah haji. Satu orang wafat di Madinah atas nama Zainuddin bin Umar (64) yang berasal dari Kabupaten Pelalawan yang tergabung dalam Kloter 8 Embarkasi Batam yang diperkirakan akibat serangan jantung. Ia meninggal pada Sabtu (13/9/2014) sekitar pukul 9.00 WIB waktu Arab Saudi.


Kemudian satu orang wafat di Makkah atas nama Martius bin Nurdin (53) yang berasal dari Kota Pekanbaru dan tergabung dalam Kloter 3 Embarkasi Batam. Ia meninggal diperkirakan akibat serangan jantung pada Minggu (14/9/2014) sekitar pukul 14.00 WIB waktu Arab Saudi.


Lalu satu orang yang berasal dari Kabupaten Bengkalis atas nama Hamzah bin Abdul Hamid (67) dan tergabung dalam Kloter 8 Embarkasi Batam yang diperkirakan meninggal akibat sesak napas di Makkah pada Selasa (7/10/2014) sekitar pukul 08.00 WIB waktu Arab Saudi.


Terakhir jamaah haji atas nama Sri Wahyuni binti Affandi (65) berasal dari Kabupaten Rokan Hilir meninggal di Makkah pada hari yang sama dengan Hamzah dan kuat dugaan karena sakit jantung. Wahyuni tergabung dalam Kloter 10 Embarkasi Batam.***