JAKARTA -- PT (persero) Perusahaan Listrik Negara (PLN) memperpanjang program diskon tarif listrik dan token listrik gratis bagi kelompok pelanggan tertentu.

Program stimulus terkait pandemi Covid-19 ini berlaku mulai 7 Januari hingga Maret 2021 mendatang.

Dikutip dari detikfinance, program stimulus ini diberikan kepada pelanggan kategori rumah tangga daya 450 VA dan 900VA bersubsidi, serta kategori bisnis dan industri daya 450 VA.

Bagi pelanggan rumah tangga, program ini memberikan diskon 100% kepada pelanggan listrik kategori daya 450 VA dan diskon 50% kepada pelanggan kategori daya 900 VA bersubsidi yang sudah terdata dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) di Kementerian Sosial. Demikian juga untuk pelanggan bisnis dan industri daya 450 VA, akan diberikan 100% untuk tagihan listrik.

''Kami pastikan pemberian stimulus (token listrik gratis) ini tepat sasaran, khusus kategori rumah tangga sesuai Data Terpadu Kesejahteraan Sosial dari Kementerian Sosial,'' ungkap Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN Bob Saril dalam keterangan resmi yang dikutip detikcom, Jumat (1/1/2021).

Sebagaimana diketahui, sejak ada pandemi Covid-19, pemerintah mengeluarkan banyak program bantuan seperti stimulus listrik itu, demi membantu meringankan beban masyarakat tidak mampu bertahan hadapi krisis. Khusus untuk bantuan listrik ini, stimulus yang diberikan punya beberapa kategori pelanggan.

''Secara sistem kami sudah siap untuk kembali menyalurkan, karena ini sifatnya perpanjangan. Kami optimis penyaluran dapat berjalan dengan baik,'' ujar Bob.

Berdasarkan data PLN, jumlah penerima token listrik gratis, untuk pelanggan Rumah Tangga 450VA adalah sebanyak 24,16 juta pelanggan, sedangkan pelanggan 900VA Bersubsidi sebanyak 7,87 juta pelanggan. Sementara jumlah pelanggan Bisnis Kecil (B1) dan Industri Kecil (I1) sebanyak kurang lebih 459 ribu pelanggan.

Untuk melakukan klaim atau memperoleh diskon listrik gratis Januari 2021 ada 3 cara, antara lain. Pertama, mengunjungi www.pln.co.id. Berikut langkahnya:

1. Token listrik gratis melalui www.pln.co.id

a. Klik alamat situs PLN di www.pln.co.id

b. Pilih menu Stimulus COVID-19 (Token Gratis/Diskon)

c. Masukkan ID Pelanggan/Nomor Meter pada kolom Pencarian dan identitas Pelanggan, yang muncul di layar

d. Nomor token listrik gratis PLN akan terlihat di kolom keterangan

e. Kemudian, nomor token listrik gratis PLN tersebut dimasukkan ke kWh meter sesuai ID Pelanggan atau Nomor Meter.

Cara kedua adalah melalui Whatsapp dengan menghubungi nomor 08122123123. Berikut rincian langkahnya:

a. WhatsApp PLN di nomor 08122123123

b. Masukkan ID Pelanggan atau Nomor Meter

c. Nomor token listrik gratis PLN bulan November akan muncul di layar

d. Selanjutnya, nomor token listrik gratis PLN tersebut dimasukkan ke kWh meter sesuai ID Pelanggan atau Nomor Meter.

Cek PLN Token Gratis Januari 2021 di www.pln.co.id atau WA 08122123123

Ketiga, melalui aplikasi PLN Mobile dengan cara:

1. Buka Aplikasi PLN Mobile.

2. Klik ''PLN Peduli Covid-19'' pada bagian Info & Promo.

3. Masukkan ID Pelanggan/Nomor Meter.

4. Token gratis akan muncul.

5. Pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.

Bagi pelanggan PLN yang mendapat stimulus itu dan tinggal di daerah terpencil, PLN juga akan kerja sama dengan perangkat pemerintah setingkat Kecamatan/Desa/Kelurahan untuk memastikan bantuan listrik selama pandemi Covid-19 dapat diterima masyarakat.***