PEKANBARU - Kader Demokrat Sayed Abubakar Assegaf dipastikan akan melaju ke Pilkada Siak menantang Bupati Petahana, Alfedri menggunakan perahu Demokrat - Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Pria yang kerap disapa Ibeck ini akan dipasangkan dengan kader PKS yang juga tokoh perempuan di Siak, Hj Reny Nurita setelah adanya keputusan dari masing-masing Dewan Pimpinan Pusat (DPP).

"Di Siak itu sudah ada keputusan, Surat Keputusan (SK) dukungan Insyaallah hari Selasa atau Rabu akan kita jemput," kata Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Dewan Pimpinan Wilayah (DPW)PKS Riau, Markarius Anwar kepada GoRiau.com, Jumat (24/7/2020).

Sebelum ini, lanjut Markarius, Ibeck-Reny sudah terlebih dahulu mengantongi SK dari Ketua Umum Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di Jakarta. Demokrat sendiri memiliki 4 kursi.

Artinya, dengan perahu Demokrat - PKS saja pasangan ini sudah bisa melenggang ke Pilkada Siak tanpa tambahan partai lain.

Adapun alasan PKS mengusung kadernya Reny dikarenakan keinginan PKS membuat differensial atau perbedaan di Pilkada Siak kali ini, pasalnya sampai hari ini belum ada Paslon yang memajukan tokoh perempuan.

Disinggung mengenai kader PKS lainnya yang juga diberi surat tugas maju di Pilkada seperti Agus Malik dan Indra Isnaini, Markarius menegaskan semua kader PKS harus patuh dengan instruksi partai.

"Yang lain tak ada lagi, yang baru bawa SK partai lain kan baru Ibeck, makanya ini yang kita proses," tuturnya.

Adapun sejauh ini sudah ada tiga Paslon yang menyatakan siap maju di Pilkada Siak, yakni Alfedri-Husni Merza, Said Arif-Sujarwo dan Ibeck-Reny Nurita.***