PEKANBARU - Bendahara Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKS Riau, Markarius Anwar, mengaku pihaknya sudah siap untuk dilakukan verifikasi partai politik oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Pasalnya, kata pria yang akrab disapa Eka ini, untuk struktur kepengurusan di tingkat kecamatan, saat ini sudah mencapai angka 100 persen, dan untuk tingkat desa dan kelurahan sedang dalam progres.

"Kalau DPC (Dewan Pimpinan Cabang) itu sudah 100 persen, kalau DPRa Dewan Pimpinan Ranting (DPRa) itu sudah on the track, tapi ada juga kabupaten yang sudah 100 persen, seperti Pekanbaru, Kampar, Bengkalis, Pelalawan," kata Ketua Fraksi PKS DPRD Riau ini, Rabu (17/10/2021).

Eka menargetkan, akhir tahun ini sudah rampung semua, disamping pihaknya terus melakukan rekrutmen kader dan mengeluarkan KTA. Makanya, syarat 1000 kader per-kabupaten menurut Eka sudah terpenuhi.

"Jadi, kita optimis bisa memenuhi syarat verifikasi itu, dan data anggota kita sudah terima terintegrasi, sehingga bisa di cek juga," tutupnya.

Dilansir dari Kompas.com, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ilham Saputra mengatakan, pihaknya menjadwalkan proses persiapan pendaftaran dan verifikasi partai politik peserta dalam rancangan tahapan danĀ  jadwal Pemilu Serentak 2024 dimulai pada April 2022.

Demikian disampaikan Ilham dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi II DPR yang disiarkan secara daring, Senin (6/9/2021).

"Persiapan pendaftaran dan verifikasi partai politik kalau dalam program kita, atau tahapan kita atau tahapan rancangan itu akan dilaksanakan pada bulan April dan Agustus 2022, Desember 2022 itu ada pendaftaran vertifikasi dan penetapan partai politik," kata Ilham. ***