PEKANBARU - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Riau sukses membuat Bilik Sterilisasi yang bisa menyemprotkan disinfektan secara otomatis ke tubuh orang yang memasuki ruangan tersebut. Dengan sistem ini, orang bisa aman mendapatkan disinfektan tanpa harus berdekatan dengan orang lainnya. Alat ini diharapkan bisa membantu memperkecil penyebaran virus Corona di Indonesia.

Bilik Sterilisasi Otomatis ini sudah diujicoba oleh kader-kader PKB Indragiri Hilir, Riau dan hanya menyisakan beberapa kali ujicoba untuk bisa diproduksi massal dan dibagikan ke daerah lain khususnya kabupaten dan kota se-Riau.

Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Riau, Abdul Wahid kepada GoRiau.com, Jumat (27/3/2020) mengatakan, pihaknya sudah melakukan ujicoba di Indragiri Hilir dan berhasil. Dengan cara ini, penyemprotan disinfektan bisa sangat aman dan nyaman tanpa khawatir karena tidak harus berdekatan dengan orang atau petugas.

''Setelah melewati ujicoba beberapa kali lagi, ini akan kita produksi massal dan kita pasang di tempat-tempat umum seperti pelabuhan, rumah sakit, terminal dan sebagainya, sehingga masyarakat bisa memanfaatkannya,'' ujar anggota DPR RI ini.

Dikatakannya, produk Bilik Sterilisasi Otomatis PKB ini juga sudah disampaikan ke pengurus pusat dan rencananya juga akan diproduksi secara nasional. ''Tapi kita harus menyiapkan tutorial pembuatannya, sehingga provinsi lain bisa membuat Bilik Sterilisasi Otomatis dengan mudah,'' ujarnya.

Dikatakan, sebelumnya PKB Riau juga sudah melakukan program pencegahan wabah virus Corona (Covid-19) lewat program edukasi ke masyarakat tentang pencegahan penyebaran covid19, serta sudah melakukan penyemprotan disinfektan di tempat-tempat umum dan rumah ibadah serta panti sosial.

''Jadi sekarang kita tingkatkan dengan memproduksi Bilik Sterilisasi Otomatis ini. Mudah-mudahan ini bisa mengurangi penyebaran virus Corona (Covid-19),'' tutupnya. ***