PEKANBARU – Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru, Muflihun, mengajak masyarakat, terutama para RT dan RW, untuk menolak politik uang pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang. Menurutnya, politik uang dapat menyebabkan para wakil rakyat tidak peduli terhadap persoalan masyarakat.

Muflihun, yang akrab disapa Uun, mengungkapkan pengalamannya sebagai Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Riau. "Saya ini Sekwan DPRD Riau, jadi ada suatu saat perwakilan masyarakat menyampaikan surat ingin melaporkan ke anggota dewan kondisi jalan di wilayahnya yang rusak parah, saya sampaikan ke anggota dewan tersebut, ternyata dia tak peduli, dengan alasan suara mereka sudah dibeli," jelas Uun.

Uun juga berpesan agar warga Pekanbaru tidak hanya melihat partai politik dalam menentukan pilihan, tetapi juga mempertimbangkan figur yang diusung oleh partai tersebut. "Ibarat kita naik bus, bentuk busnya macam-macam, jangan hanya pilih busnya tapi yang penting siapa supirnya, yang bisa mengantar kita ke tujuan dengan selamat," ucapnya.

Selain itu, Uun menekankan pentingnya menjaga kondusifitas keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di wilayah masing-masing, khususnya di tahun politik ini. Ia meminta para RT dan RW untuk selalu berkoordinasi dengan Babinsa, Babinkamtibmas, serta lurah dan camat jika terjadi gangguan keamanan.

"Tahun ini merupakan tahun politik, rawan akan gesekan-gesekan, meskipun Kota Pekanbaru selama ini tak ada gangguan selama tahun politik, namun tidak ada salahnya kita bisa mencegahnya," tambah Uun. (kl2)