JAKARTA - Presiden RI, Joko Widodo alias Jokowi, secara terbuka meminta izin untuk memindahkan Ibu Kota Negara Indonesia ke Kalimantan.

"Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, insya ALLAH, dengan ini saya mohon izin untuk memindahkan Ibu Kota negara kita ke pulau Kalimantan," kata Jokowi saat menutup pidatonya dalam sidang Bersama DPR RI - DPD RI di Gedung Nusantara I, Senayan, Jakarta, Jumat (16/08/2019) siang.

"Ini demi visi Indonesia maju," kata Presiden Jokowi.

Dalam sidang itu, Presiden Jokowi memaparkan banyak hal terkait arah kemajuan Bangsa Indonesia ke depan. Bonus Demografi Indonesia di 2021-2024, diharap bisa dimanfaatkan Bangsa meskipun tantangan persaingan global kian sengit.

"Indonesia tidak takut," kata Jokowi berulang kali.

Guna mendorong Indonesia Maju yang mejadi visi Bangsa ke depan di bawah kepemimpinan jilid II-nya, Jokowi meminta berbagai pihak untuk bersatu padu melakukan banyak perubahan-perubahan guna menyesuaikan dengan perkembangan dan tantangan zaman.

Reformasi besar-besaran di bidang perundangan, reformasi besar-besaran pada birokrasi dan optimasi pembangunan sumber daya manusia diminta Jokowi untu menjadi konsesus dan upaya setiap pihak.

Dalam pidatonya ini, Jokowi sempat mengulang penegasan, "saya sendiri yang memimpin kemajuan ini,".***
Ads