PEKANBARU - Bersempena dengan Hari Jadi ke-62 Kota Pekanbaru, Pewarta Foto Indonesia (PFI) Pekanbaru mengelar pameran hasil kompetisi foto yang bertajuk rekam jejak Riau bangun negeri yang berlangsung dari tanggal 15 - 21 Agustus 2019 di Anjung Seni Idrus Tintin.

Ketua Pewarta Foto Indonesia (PFI) Pekanbaru, FB Rian Anggoro menuturkan, foto yang dipamerkan sebanyak 62 frame, sesuai dengan usia Provinsi Riau. "Foto-foto tersebut merupakan hasil dari kompetisi foto yang digelar sebulan sebelumnya," kata Anggoro di Anjungan Seni Idrus Tintin, Kamis (15/8/2019).

Dikatakan antusiasme peserta mengikuti kompetisi cukup besar, ada sekitar 95 fotografer dengan total gambar yang masuk sebanyak 313 foto dari dalam maupun luar Provinsi Riau.

Menurutnya, hal ini menunjukan kesadaran masyarakat Riau tentang pentingnya pendokumentasian visual. Bukan hanya sekadar untuk kepuasan pribadi, namun dikarena setiap foto punya kisah yang bisa diceritakan.

Ads
Selain itu, Anggoro menambahkan bahwa fotografi telah menjadi bagian dari 16 cabang dari industri kreatif yang potensial untuk dikembangkan di Riau. "Semakin banyak kompetisi dan pameran foto digelar, akan memacu fotografer Riau untuk saling berkompetisi menghasilkan karya-karya terbaik yang bisa mengharumkan nama daerah di mata dunia," tutupnya. ***