PEKANBARU – Pj Wali Kota Pekanbaru, Muflihun menjanjikan penghargaan kepada petugas pemadam kebakaran (Damkar) Pekanbaru yang gugur saat berupaya memadamkan kebakaran di Jalan Lily, Kecamatan Sukajadi, Kota Pekanbaru. Hal ini karena petugas atas nama Rian Mortir (27) tersebut meninggal saat menjalankan tugasnya.

"Kami berduka cita atas kepergian almarhum. Ketika ada kebakaran dia terjatuh saat berusaha memadamkan api. Kami atas nama pemerintah akan memberikan penghargaan, karena dia meninggal dalam menjalankan tugas," ujarnya, Selasa (22/11/2022).

Menurutnya, penghargaan yang diberikan akan dikoordinasikan bersama BPKAD.

Kapolsek Sukajadi Kompol Daud mengatakan, korban meninggal karena mengalami kecelakaan saat bekerja memadamkan api. Dimana ia terjatuh dari atap bangunan dan tertimpa seng dibagian leher.

"Saat kebakaran ini, korban naik keatas untuk memadamkan api, namun ia jatuh kebawah dan lehernya terkena seng. Korban segera dibawa ke rumah sakit Ibnu Sina, namun nyawanya tidak tertolong karena luka parah dibagian leher," ujarnya.

Ia menjelaskan, korban menghembuskan nafas terakhirnya di rumah sakit.

Menurutnya, petugas Damkar lainnya bernama Aek juga mengalami luka bakar hingga 70 persen. Saat ini korban tersebut sudah dirawat di RS Santa Maria.

"Polisi masih melakukan penyelidikan sampai sekarang untuk mengetahui penyebab kebakaran," pungkasnya.

Sementara itu, kesaksian dari warga yang berada di lokasi, bangunan rumah yang disinyalir sebagai gudang atau pabrik tiner tersebut menimbulkan leladakan beberapa kali saat kebakaran. Warga juga sempat kaget karena ledakan tersebut. ***