PHU THO - Tim Nasional (Timnas) Sepakbola U-23 Indonesia menampilkan permainan luar biasa saat menghadapi Filipina di babak penyisihan Grup A SEA Games 2021 Hanoi, Vietnam pada Jumat (13/5/2022). Teriakan suporter Merah Putih yang berada di Stadion Viet Tri, Phu Tho itu menggema untuk mendukung Skuad Garuda Muda. Kegembiraan terlihat di wajah para suporter tatkala tim asuhan pelatih asal Korea Selatan, Shin Tae-yong meraih poin penuh dengan kemenangan telak.

Tidak tanggung-tanggung, pasukan Garuda yang tampil menekan sejak menit awal, mampu memaksa kiper Filipina Quincy Kammeraad sebanyak empat kali untuk memungut bola dari dalam jalanya. Pesta gol itu masing-masing ditorehkan Muhammad Ridwan (18'), Rizky Ridho (44'), Egy Maulana Vikri (75'), dan digenapi oleh penalti Marselino Ferdinan (85').

Bukan hanya di bangku penonton, tetapi teriakan dan selebrasi juga terjadi di tempat VVIP yang diisi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menko PMK Muhadjir Effendy, Sekjen PSSI, Yunus Nusi, Deputi Peningkatan Prestasi Kemenpora Chandra Bhakti serta Presiden Madura United FC, Achsanul Qosasi. Yang lebih mengejutkan lagi, Egi Maulana dan kawan-kawan sengaja melewati pembatas stadion dan menyalami mereka semua.

Presiden Madura United FC, Achsanul Qosasi mengaku sengaja hadir ke Stadion Viet Tri, Phu Tho, untuk memberikan langsung dukungan kepada Timnas U-23 yang tengah berjuang meraih prestasi tertinggi cabang olahraga sepakbola di SEA Games 2021 Hanoi, Vietnam ini.

"Saya hadir langsung ke Stadion Viet Tri, Phu Tho, Vietnam untuk menyaksikan langsung sekaligus memberikan motivasi kepada Timnas Indonesia agar bisa memenangkan pertandingan melawan Filipina," kata Achsanul Qosasi yang akrab disapa AQ itu.

Mantan pejabat PSSI ini memang tidak diragukan lagi kecintaannya terhadap olahraga sikulit bundar. Begitu juga kedekatannya dengan para pemain. Jadi, wajar saja jika kehadiran Achsanul Qosasi mampu membakar semangat para pemain Timnas U-23 Indonesia, sehingga mampu memenangka laga dengan skor yang meyakinkan.

Rudi selaku Asisten Pribadi Achsanul Qosasi yang selalu standby memegang HP milik Presiden Madura United FC itu menyebut bahwa banyak pesan masuk ke WA yang mengucapkan terimakasih atas bonus yang diberikan.

"Usai Bapak menemui pemain begitu banyak WA yang masuk. Tadinya, saya pikir ada pesan penting apa, eh begitu saya lihat notifikasinya, ternyata ucapan terimakasih dari para pemain Timnas Indonesia atas bonus yang diberikan Bapak," kata Rudi.

Meski demikian, ketika ditanyakan soal pemberian bonus, Achsanul Qosasi hanya menjawab dengan senyuman. "Sudahlah tidak usah dibahas. Terus terang, saya hadir hanya memberikan motivasi bagi pemain Timnas Indonesia. Karena, saya ingin mereka mampu meraih prestasi terbaik di SEA Games 2021 Vietnam," jelasnya.

Apakah akan tetap berada di Vietnam untuk menyaksikan laga Timnas Indonesia menghadapi Myanmar pada pertandingan terakhir babak penyisihan Grup A yang digelar Minggu (15/5/2022) untuk menentukan langkah ke semifinal?.

Achsanul menjawab, "Kebetulan jadwal saya cukup padat saat pertandingan itu. Saya ada pertemuan penting di Singapura. Tapi, tak usah khawatir, sebelum laga saya akan terus berkomunikasi dengan mereka melalui video call untuk memberikan semangat. Mudah-mudahan mereka mampu melewati pertandingan penentuan tiket ke semifinal itu," pungkasnya. ***