JAKARTA – Mempersiapkan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang unggul menjadi prioritas pemerintah untuk mewujudkan Indonesia menjadi negara maju, hal tersebut menjadi penting khususnya dalam menghadapi perubahan situasi pasar, dalam hal ini dari aspek sosial, budaya, dunia kerja, dan kemajuan teknologi di era revolusi industri 4.0. Dalam mempersiapkan generasi muda Indonesia masuk ke dunia kerja, salah satunya dengan penyediaan kegiatan pemagangan bagi mahasiswa/i di Indonesia.

Salah satunya adalah dengan yang dilakukan oleh PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI yang bekerjasama dengan Kemendikbudristek dan Forum Human Capital Indonesia (FHCI) BUMN membuka program magang Kampus Merdeka Cycle 4 dan program Magang Generasi Bertalenta (MAGENTA) 2023. Adapun program ini dibuka untuk para mahasiswa aktif semester 5, 6 dan 7 di Perguruan Tinggi dengan kualitas pembelajaran yang tentunya sangat memadai.

Direktur Human Capital BRI Agus Winardono mengungkapkan bahwa perseroan secara terbuka menerima mahasiswa yang ingin menimba ilmu dan pengalaman melalui program Magang Kampus Merdeka.

“Mahasiswa dari berbagai disiplin ilmu berkesempatan untuk mendapatkan pengalaman di dunia kerja dari salah satu BUMN terbesar, yaitu BRI. Program ini memberikan banyak manfaat, seperti mentor dari profesional yang berdedikasi di bidangnya, pelatihan sesuai dengan bidang ilmu, sertifikat magang, project yang jelas dan terarah, serta penguatan relasi dan koneksi”, jelas Agus.

Dalam program ini, BRI menyiapkan 23 project yang dapat diikuti dengan berbagai jurusan. Adapun untuk detail posisi dan informasi projectnya dapat diakses melalui Instagram resmi Human Capital BRI @lifeatbri, akun LinkedIn resmi PT Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk. dan website https://kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/, dan https://magenta.fhcibumn.com/loginpage.

Periode pendaftaran magang Kampus Merdeka Cycle 4 telah dibuka sejak 13 Januari 2023 hingga 27 Januari 2023. Sementara untuk Magang Generasi Bertalenta (MAGENTA) periode pendaftaran dibuka mulai dari 16 Januari sampai dengan 22 Januari 2023. Program ini dilakukan secara gratis/tanpa dipungut biaya.

Semua calon pendaftar akan diseleksi screening administrasi, Brilian Internship Test dengan menggunakan platform, dan interview akhir.

Melalui program ini, diharapkan nantinya dapat mencetak para profesional muda yang berdedikasi tinggi, loyal, dan penuh tanggung jawab, sehingga BRI dapat berkontribusi lebih untuk Memberi Makna Indonesia melalui pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) atau Human Capital yang diimplementasikan melalui program “Magang Kampus Merdeka” dan ”Magang Generasi Bertalenta (MAGENTA). Dengan demikian, program ini dapat mengembangkan bakat-bakat para generasi muda lebih optimal dalam menghadapi dunia kerja. ***