PEKANBARU - BI Corner ke-15 di Perpustakaan Soeman HS akhirnya diresmikan hari ini, Rabu (16/10/2019). Hadir dalam peresmian ini diantaranya Kepala Tim Pengembangan KPw. Bank Indonesia Provinsi Riau, Iskandar dan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Riau, Rahima Erna.

Dalam acara peresmian ini sendiri, pihak BI tidak hanya sebatas melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dan pengguntingan pita, tetapi juga melaksanakan kegiatan BI Mengajar.

Kepala Tim Pengembangan KPw. Bank Indonesia Provinsi Riau, Iskandar mengatakan, bahwa program BI Corner telah diinisiasi oleh BI sejak tahun 2015 sebagai bagian dari tema unggulan Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) yaitu Indonesia Cerdas. Di mana, program BI Corner merupakan pembangunan sarana perpustakaan mini yang didesain menarik dan nyaman serta menyediakan akses informasi dan literatur berkualitas dalam bentuk cetak maupun e-book dari dalam dan luar negeri.

"BI Corner tersebut diimplementasikan di tingkat universitas, instansi pendidikan, perpustakaan daerah, dan instansi lainnya sebagai upaya memperkuat pemahaman masyarakat tentang keberadaan dan peran Bank indonesia sekaligus mendorong kegiatan edukasi dan peningkatan kualitas pendidikan," kata Iskandar.

Maka dari itu, lanjut Iskandar, keberadaan BI Corner diharapkan dapat memberikan kemudahan dalam memperoleh informasi atau literatur terkini yang berkualitas, baik dari dalam negeri maupun luar negeri khususnya di bidang ekonomi dan keuangan.

"Sekaligus sebagai sarana edukasi kepada masyarakat mengenai tugas dan peran Bank Indonesia dalam perekonomian dan menciptakan komunitas berliterasi keuangan dan generasi yang gemar membaca," tuturnya.

Untuk diketahui, pada tahun 2019, KPw. Bank Indonesia Provinsi Riau melakukan kerjasama pembangunan BI Corner di empat lokasi yaitu, Perpustakaan SMA Dharma Yuda Pekanbaru, Perpustakaan Kabupaten Bengkalis, Perpustakaan Soeman HS Provinsi Riau dan Perpustakaan Politeknik Caltex Riau.

Sedangkan, BI Corner di Perpustakaan Soeman HS ini menjadi BI Corner ke-15 yang telah diresmikan. Terhitung sejak tahun 2015 sampai dengan tahun 2019, KPw. Bank Indonesia Provinsi Riau telah mendirikan 16 BI Corner. ***