JAKARTA - Pemuda dan mahasiswa asal Riau yang ada di Jakarta menggelar pertemuan bersama di Asrama Mahasiswa Riau Jakarta, Jumat malam (19/2/2021). Pertemuan ini merupakan catatan penting serta cerminan yang baik bagi masyarakat Riau dan Pemerintah Provinsi Riau.

Pertemuan ini merupakan kali pertama, dimana para pemuda dan mahasiswa asal Riau yang ada di Jakarta bisa duduk bersama, berdiskusi membahas isu-isu kedaerahan yang sedang hangat dan membawa ke tingkat nasional.

Diskusi ini dihadiri Mantan Ketua Umum Hipemari Jakarta, Riski Beradat, Koordinator Pusat Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Nusantara, Hengky Primana, dan Ketua Umum PB PII, Husen Tasrik Makrup, dan aktivis yang berlatar berlatar belakang HMI,PMII dan lainnya.

“Ini momentum yang tepat bagi kita pemuda dan mahasiswa Riau di Jakarta untuk bangkit dan saling bersilahturahmi serta duduk bersama membangun kampung halaman kita dari pusat," kata Husen.

Selama ini, lanjutnya, anak-anak muda dari Riau di Jakarta tidak bersatu dan terkotak-kotakkan oleh kepentingan dan perbedaan kita selama ini.

"Padahal banyak sekali persoalan Riau yang harus kita dudukkan bersama dan kita diskusikan bersama sebagai generasi Riau yang akan datang," tambahnya.

Sementara itu, Koordinator Pusat Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Nusantara, Hengky Primana mengatakan, anak muda Riau yang ada di Jakarta harus bisa kompak dan bersatu seperti anak-anak dari daerah lain.

"Mereka bisa bersatu masa kita gak bisa seperti mereka juga, sampai kapan Riau seperti ini terus dan tidak diperhitungkan di pusat hanya karena kita tidak mau saling bersinergi dan melepaakan ego kita masing-masing," ujarnya.

Dia melanjutkan, padahal sinergisitas antar anak-anak muda Riau di Jakarta bisa membawa Riau yang lebih baik kedepannya. Dan dia berharap Pemprov Riau, legislator di Jakarta, dan tokoh masyarakat Riau di Jakarta bisa duduk bersama.

"Kita bisa berdiskusi mulai dari iau Blok Rokan, persoalan beasiswa pendidikan bagi kawan-kawan mahasiswa yang ingin kuliah tapi tidak mampu, dan persoalan lain yang saya pikir peran kita di pusat harus kita maksimalkan dan kita bangun kekompakan kembali," tegasnya.

Terakhir, Mantan Ketua Umum Hipermari Jakarta, Riski Beradat yang juga koordinator acara mengucapkan terimakasih kepada rekan-rekan yang sudah hadir dan meluangkan waktunya.

"Di situasi seperti sekarang ini, kita dihadapkan banyak cobaan dan tantangan yang harus kita lalui, kita harus tetap semangat. Pertemuan pemuda mahasiswa Riau di Jakarta ini merupakan kontribusi kita bagi daerah sebagai mahasiswa dan pelajar di tanah rantau," tuturnya.

Apalagi, sambungnya, dengan posisi mereka yabgaa di pusat ibukota memiliki peranan penting dalam mengawasi dan mengawal setiap persoalan dan perdebatan di Riau saat ini.

"Kita kaum muda Riau ini harus bisa menjadi pelita di tengah kegelapan dan mengetuk para penguasa yang lupa akan daratan, ini pertemuan awal bukan akhir dan akan kita perlihatkan bahwa SDM Riau bisa berbicara, serta bersaing baik di tingkat regional dan nasional," tutupnya. ***