PEKANBARU, GORIAU.COM - Hari Guru yang jatuh pada hari ini, Selasa (25/11/2014) merupakan salah satu bentuk penghargaan terhadap jasa-jasanya yang sudah mencerdaskan anak bangsa. Selain itu, Firdaus juga mengapresiasi kerja keras guru dalam mendidik di Pekanbaru.

''Guru merupakan tokoh pendidikan yang berperan serta dalam membangun generasi bangsa yang cerdas dan berkualitas demi mewujudkan Indonesia yang mampu bersaing di kancah dunia,'' ujar Walikota Pekanbaru H Firdaus ST MT membacakan pidato Menteri Pendidikan Anies Baswedan pada peringatan hari guru di halaman kantor Walikota Pekanbaru, Selasa (25/11/2014).

Guru, tambahnya, merupakan sumber dari segala pembangunan, dengan ilmu dan dunia pendidikan yang digelutinya. Maka dirinya mengajak para guru untuk sedikit mengubah persepsi, tentang profesi yang menurutnya sangat krusial tersebut.

"Saya ingin menekankan bahwa guru adalah hulu dari semua bentuk pembangunan dan perkembangan yang ada dalam perjalanan Indonesia. Maka, menjadi guru bukanlah sebuah pengorbanan. Menjadi guru adalah sebuah kehormatan besar, di mana ibu dan bapak guru telah memilih zaman terhormat untuk hadir menyiapkan masa depan yang cemerlang bagi bangsa Indonesia," katanya.

Namun, pemerintah mengakui, masih banyak kewajiban pemerintah terhadap para guru yang belum dilaksanakan dengan baik.

Dirinya juga mengajak seluruh lapisan masyarakat Indonesia di mana pun, untuk turut menjadi guru yang baik bagi generasi penerus bangsa yang ada di sekitar mereka.

"Guru-guru yang terhormat, saya menyadari bahwa masih banyak tanggung jawab pemerintah yang belum ditunaikan. Kita harus mengakui bahwa bangsa ini masih belum menempatkan guru sebagaimana seharusnya. Maka dari itu saya mengajak segenap lapisan dan elemen masyarakat, untuk turut serta menjadi guru dan tenaga pendidik yang baik, demi menyiapkan generasi penerus yang kuat dan tangguh," ujar Anies seperti disampaikan Firdaus MT. (rls)