PEKANBARU - Dalam rangka memperingati hari anak internasional,  Children Festival (CFest) 2022 resmi digelar, yang dihadiri langsung oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Kadispersip) Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir.

Kadispersip Riau menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini. Menurutnya, acara yang diselenggarakan oleh Zevky Event Organizer sebagai gerakan dalam upaya peningkatan literasi anak di Provinsi Riau.

"Acara ini penting kita selenggarakan karena ini salah satu bentuk dukungan dalam meningkatkan angka literasi khususnya di provinsi Riau,” kata Mimi, di Trans Studio Mini Pekanbaru, Selasa (22/11/2022).

Mimi Yuliani Nazir menambahkan, aktivitas memberikan pemahaman literasi itu tidak hanya dilakukan di usia baca tulis anak, namun juga di usia kandungan harus disensor dengan kegiatan belajar orang tua.

“Literasi itu harus kita tanamkan sejak dini bahkan sebelum anak itu lahir di muka bumi,” tambah Mimi.

Kemudian, pihak manajemen Trans Studio mini Pekanbaru, Nina Sriwahyuni menyebutkan acara ini bertujuan sebagai wadah dalam menumbuhkan kecerdasan anak dan mengembangkan potensi anak- anak Riau.

“Tujuannya untuk memperingati hari anak Internasional dan juga menumbuhkan intelektualitas anak melalui literasi, jadi mereka juga bisa langsung mengembangkan diri melalui kegiatan dream show nya kan,” tutur Nina.

Sejalan dengan itu, ketua pelaksana Allef Faiza mengatakan kegiatan CFest dapat membantu orang tua mengetahui cara yang tepat mengajarkan budaya literasi anak sejak dini.

Allef juga berharap agar acara CFest bisa dilakukan setiap tahun bersama pihak pemerintah dan perusahaan swasta lainnya.

“Acara ini dapat membantu mengeksplor bagaimana orang tua melakukan literasi kepada anaknya sejak dini, agar anak- anak khususnya di Provinsi Riau dapat meningkatkan kemampuan berpikirnya," ucap Allef.

Berbagai rangkaian kegiatan dilakukan dalam peringatan Hari Anak Internasional tersebut, mulai dari da’i cilik, tarian berkelompok, paduan suara, nasyid, dan nyanyi solo. Terdapat juga sesi talkshow yang membahas tentang parenting anak melalui literasi bersama Mimi Yuliani dan psikolog rehabilitasi medis RSIA Zainab, Emielda Ananda Dale. ***