SIAK SRI INDRAPURA - Proses lelang tahun 2019 di Unit Layanan Pengadaan (ULP) Sekretariat Daerah Kabupaten (Serdakab) Siak sudah 100 persen rampung. Untuk tahun 2020, seluruh OPD diminta segera memasukan data Rencana Umum Pengadaan (RUP) Barang/Jasa ke ULP Siak agar proses lelang tidak terlalu lama mulainya.

Kepala Bagian (Kabag) ULP Setdakab Siak H Tekad Perbatas Setia Dewa ST MT mengatakan belum lama ini Bupati Siak H Alfedri M.Si berpesan agar seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada di lingkungan Pemkab Siak bisa segera memasukkan data Rencana Umum Pengadaan (RUP) Barang/Jasa ke ULP Siak.

“Bupati juga sudah menyampaikan kepada OPD-OPD agar bisa segera mengentri RUP untuk kegiatan tahun 2020. Karena apabila RUP cepat dientri, otomatis proses lelang untuk kegiatannya juga sudah bisa dilakukan lebih awal,” kata Tekad kepada GoRiau.com, Minggu (8/12/2019).

Tekad juga menyebutkan, pada kegiatan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengadaan Barang/Jasa yang dihadiri Presiden Jokowi beberapa waktu lalu, Presiden juga mengingatkan kepada seluruh instansi pemerintah baik pusat maupun di daerah, untuk bisa mengentri RUP secepatnya, paling tidak di awal tahun seluruh rencana kegiatan sudah masuk ke ULP.

“Presiden juga mengingatkan, agar masing-masing lembaga dan instansi yang ada di pusat maupun di daerah bisa secepatnya mengentri RUP, sehingga kegiatan yang akan direalisasikan bisa secepatnya dilelang,” katanya.

Dijelaskan Tekad, pada tahun 2019 ini tercatat sebanyak 195 paket kegiatan yang dilelang di ULP Siak melalui Layanan Pengadaan Secara Elektronic (LPSE).

“Terdiri dari 110 paket pekerjaan konstruksi, 39 paket konsultan, 36 paket pengadaan barang, dan 10 paket jasa lainnya,” terang Tekad Perbatas.

Dijelaskannya juga, dari 195 paket/kegiatan yang sudah selesai dilelang tersebut, sekitar 65 persen diantaranya merupakan paket kegiatan fisik. ***